Sukses

Puluhan Orang Demo di DPR Pertanyakan Penangkapan Aktivis Makar

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 30an orang berdemo di depan Gedung DPR-MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Mereka mempertanyakan aparat Polda Metro Jaya yang menangap 10 aktivis dengan sangakaan makar.

Massa datang sekitar pukul 15.30 WIB. Sebuah mobil bak terbuka hitam disulap menjadi mimbar orasi demonstrans. Ada spanduk merah bertuliskan 'People Power'.

Dua orang tampak berorasi di atas mobil bak terbuka tersebut. Mereka menuntut aparat menahan Basuki Tjahaja Purnama atas dugaan penistaan agama.

Mereka juga meneriakan soal penangkapan 10 orang yang diduga merencanakan makar.

"Tadi pagi ada 10 aktivis yang ditangkap dan mereka dibawa paksa," kata salah seorang orator dari atas mimbar orasi, Jumat (2/12/2016).

Aksi tersebut tidak berlangsung lama. Sekitar pukul 16.30 WIB massa membubarkan diri.

Karopenmas Polri Kombes Rikwanto mengatakan, mereka yang diamankan terkait dugaan makar ada delapan orang. Mereka adalah AD, kemudian E, AD lagi, KZ, RS, RA,SB, dan RK.

"Delapan di antaranya dikenakan tuduhan Pasal 107 junto Pasal 110 KUHP junto Pasal 87 KUHP. Sedangkan dua orang dengan inisial JA dengan RK dikenakan Pasal UU ITE, Pasal 28," kata Rikwanto di Mabes Polri, Jumat 2 Desember.