Sukses

Jokowi Belum Tentukan Salat Jumat di Mana

Liputan6.com, Jakarta - Aksi demo 2 Desember tengah berlangsung sejak pukul 08.00 WIB di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Aksi damai ini diisi dengan doa bersama dan akan ditutup dengan salat jumat berjemaah.

Para peserta demo 2 Desember berharap bisa salat Jumat bersama Presiden Joko Widodo. Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid sebelumnya juga mengajak Presiden Jokowi untuk salat Jumat bersama dengan peserta aksi di Monas.

Lalu di mana Jokowi akan salat Jumat?

"Yang pasti saya salat Jumat, tapi di mananya belum tahu," kata Jokowi saat meninjau lokasi proyek pembangunan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Jokowi memastikan akan memantau setiap aksi yang dilakukan hari ini, terutama aksi damai dan doa bersama yang dilakukan di Monumen Nasional.

Dalam imbauannya terhadap aksi damai tersebut, Jokowi meminta kepada para peserta aksi damai untuk tidak menimbulkan kerusuhan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

"(Harapannya) Ya sesuai komitmen‎ bersama yang sudah diajukan, saya kira yang katanya aksi super damai. Super loh, ya," tegas Jokowi.

Jokowi juga mengaku tidak hanya memantau aksi yang diselenggarakan di Monas, tetapi juga yang dilakukan di gedung MPR/DPR yang pesertanya dari para buruh Indonesia.

Dia mengimbau masyarakat untuk bisa memisahkan tujuan dan massa dari beberapa aksi yang dilakukan hari ini.

‎"Tolong dipilahkan ada yang Monas yang nanti doa bersama, dan ada yang DPR, dan ada yang lainnya. Tolong tanyakan secara detail pada Kapolri," tegas Jokowi.

Jokowi juga berpesan kepada aparat kemanan untuk tetap mengutamakan perdamaian, sehingga aksi bisa berjalan dengan aman.

Agenda Presiden Jokowi selanjutnya belum diketahui. Namun sempat beredar informasi Presiden Jokowi akan bergabung dengan peserta doa bersama di Monas saat demo 2 Desember. Namun sampai saat ini hal itu belum terkonfirmasi.

Acara doa bersama akan dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir usai salat Jumat bersama.

Aksi ini masih terkait dengan proses hukum terhadap gubernur nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dituduh menistakan agama.

Sejak pukul 05.00 WIB, sekitar Monas dan Istana Merdeka hingga Jalan Veteran Jakarta Pusat telah dipenuhi peserta demo 2 Desember yang sebagian besar mengenakan pakaian berwarna putih.

Jalan dan akses menuju Istana Merdeka telah ditutup dan dialihkan, serta dijaga pasukan keamanan dilengkapi dengan kawat berduri.

Saksikan Live Streaming Demo 2 Desember di Monas:

(Yas/Ndw)