Sukses

Ikut Demo 2 Desember, Aa Gym Bersepeda Menuju Monas

Massa yang tergabung dalam GNPF MUI menghadiri demo 2 Desember yang dikemas dalam kegiatan doa dan zikir bersama ulama.

Liputan6.com, Jakarta Massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI mulai berdatangan ke Lapangan Monas, Jakarta. Nantinya mereka akan mengikuti demo 2 Desember dengan menggelar doa dan zikir bersama ulama.

Sejumlah ulama telah menuju lokasi acara. Seperti yang terpantau Liputan6.com, Jumat (2/12/2016), Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung KH Abdullah Gymnastiar, atau yang dikenal sebagai Aa Gym, juga terlihat menuju Monas.

Ia terlihat menggunakan sepeda berwarna kuning. Saat menuju ke lokasi acara, Aa Gym tidak didampingi oleh para santrinya.

Selain itu, para peserta aksi yang menginap di Masjid Istiqlal mulai berhamburan keluar menuju Monas sejak pukul 07.00 WIB. Mereka berjalan dengan meneriakkan yel-yel dan membawa spanduk serta bendera dari daerahnya masing-masing.

Untuk kondisi arus lalu lintas, sejumlah ruas jalan ditutup. Di antaranya di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Medan Merdeka Selatan dan di depan Stasiun Gambir menuju arah pasar Baru. Para pengendara diarahkan ke arah Jalan Pejambon.

Demo 2 Desember digelar sebagai lanjutan dari aksi 4 November 2016. Dalam aksi itu, massa menuntut penuntasan kasus Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang diduga menistakan agama.

Ahok telah ditetapkan sebagai tersangka. Berkasnya telah diserahkan kepolisian ke kejaksaan. Sidang rencananya akan digelar secara terbuka di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Kasus bermula saat video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang telah diedit tersebar di media sosial. Ahok kemudian dituduh telah menistakan agama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini