Sukses

Mulai Padat, Peserta Demo 2 Desember Gelar Sajadah di Monas

Demo 2 Desember digelar sebagai lanjutan dari aksi 4 November 2016.

Liputan6.com, Jakarta Meski acara dimulai 08.00 WIB, peserta demo 2 Desember sudah mulai berdatangan ke Lapangan Monas, Jakarta Pusat, sejak pagi. Mereka bahkan telah tiba sejak sekitar pukul 04.00 WIB.

Koordinator aksi dari Ciamis, Muhammad Dedi Subuh, menuturkan peserta demo 2 Desember dari Ciamis telah tiba di Monas sejak Subuh tadi. Mereka kemudian mengambil posisi barisan sesuai dengan arahan panitia dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI.

"Kita ikut arahan dari GMPF MUI, mengikuti komando dari sana," ujar Dedi saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Dedi menuturkan, saat tiba di lokasi acara, para peserta langsung menempati posisinya masing-masing. Mereka menempati saf yang disediakan, baik itu saf untuk pria maupun wanita.

"Para peserta sudah pada gelar sajadah, meski acaranya dimulai jam 08.00 WIB. Ini cuma persiapan, menempati posisi pas buat duduk yang nanti digunakan sebagai saf," ujar Dedi.

Demo 2 Desember digelar sebagai lanjutan dari aksi 4 November 2016. Dalam aksi itu, massa menuntut penuntasan kasus Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang diduga menistakan agama.

Ahok telah ditetapkan sebagai tersangka. Berkasnya telah diserahkan kepolisian ke kejaksaan. Sidang rencananya akan digelar secara terbuka di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Kasus bermula saat video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang telah diedit tersebar di media sosial. Ahok kemudian dituduh telah menistakan agama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini