Sukses

Bawa Bintang Kejora, Mahasiswa Papua Diamankan Polisi

Massa sempat melakukan unjuk rasa di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat sebelum ditangkap polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan mahasiswa Papua diamankan aparat Polda Metro Jaya. Mahasiswa asal Bumi Cenderawasih ini dibawa ke Mapolda Metro Jaya setelah sempat melakukan unjuk rasa di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan massa diamankan karena kedapatan membawa bendera Bintang Kejora yang merupakan lambang Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Selain itu, massa juga menggelar aksi di tempat yang bukan diperuntukkan untuk menyampaikan pendapat di muka umum.

"Diamankan karena bawa atribut Bintang Kejora. Kita sita karena bukan lambang negara," ujar Hendy di Jakarta, Kamis (1/12016).

Dalam orasinya, para mahasiswa itu menuntut pemisahan Papua dari NKRI. Bukan kali ini saja, mahasiswa Papua yang kuliah di Jakarta ini, pada 1 Desember tahun lalu juga menggelar aksi serupa di sekitar HI. Mereka juga diamankan ke Polda Metro Jaya saat itu.

"Mereka sebelumnya pernah melakukan aksi yang sama di Bundaran HI," tutur dia.

Hendy menegaskan, tidak ada perlawanan dari massa mahasiswa Papua saat diangkut ke Mapolda Metro Jaya. Tidak ada yang ditetapkan sebagai tersangka dalam peristiwa ini.

Saat ini, massa tengah berdialog dengan kepolisian di Lapangan Sabhara Polda Metro Jaya.

"Diamankan agar tidak terjadi kericuhan. Di sini malah kami kasih makan dan minum. Diperlakukan baik. Nanti juga akan dipulangkan," pungkas Hendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • Bintang Kejora

  • Papua

  • Polda Metro Jaya

  • HUT OPM

Video Terkini