Sukses

3.000 Demonstran 2 Desember dari Yogya Berangkat ke Jakarta Besok

Ribuan orang pendaftar demo 2 Desember ini mengatasnamakan diri mereka sebagai Forum Ukhuwah Islamiyah Yogyakarta (FUI) DIY.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jumlah demonstran 2 Desember dari Yogyakarta yang telah mendaftar di posko terdekat terus bertambah. Jumlah pendaftar peserta aksi dari Yogya telah melebihi 3.000 orang pada Rabu siang.

Ketua Forum Umat Islam DIY, Muhammad Fuad, mengatakan jumlah pendaftar demo 2 Desember itu sudah mencapai 2.657 orang. Ribuan orang pendaftar ini mengatasnamakan dirinya sebagai Forum Ukhuwah Islamiyah Yogyakarta (FUI) DIY.

"Hingga pukul 19.00 WIB sudah lebih dari 3.000 dan Insya Allah masih terus bertambah," ujar Fuad di Yogyakarta, Rabu (30/11/2016).

Fuad mengatakan, laskar dan ormas yang akan berangkat ke Jakarta untuk ikut dalam Aksi Bela Islam jilid III ini sudah bersiap sejak beberapa hari lalu. Bahkan, simpatisan Muhammadiyah DIY yang tergabung dalam Laskar Fastabiqul Khairot DIY juga akan ikut.

"Mereka berangkat pukul 08.00 WIB dan pelepasan Relawan akan dipimpin oleh ayahanda Ust H Gita Danu Pranata (Ketua PWM DIY)," kata Fuad.

Sementara itu Kapolda DIY Ahmad Dofiri mengaku belum memiliki data dan informasi terkait warga yang akan pergi ke Jakarta. Namun, dia tidak melarang siapa pun pergi ke Jakarta untuk mengikuti dalam demo 2 Desember 2016.

Namun, dia menilai akan lebih baik jika masyarakat berdoa di Yogyakarta dan tidak perlu ke Jakarta.

"Doa bersama itu merajut bineka kita agar tidak terpecah. Jadi aksi 2 Desember itu doa bersama yang dilaksanakan di Monas. Di Jogja aman karena itu doa bersama, maka kita imbau untuk doa bersama juga. Siang hari ini besok sama besoknya juga ada," ucap Fuad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo 2 Desember adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 2 Desember adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 2 Desember

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta