Sukses

Polda Metro Siap Kawal Massa Demo 2 Desember dari Luar Jakarta

Kegiatan bertajuk Demo Super Damai ini diperkirakan diikuti oleh ribuan massa dari luar Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) berjanji mengganti demo 2 Desember dengan zikir dan doa bersama di Monas, Jakarta Pusat. Kegiatan bertajuk Aksi Super Damai ini diperkirakan diikuti oleh ribuan massa dari luar Jakarta.

Guna mendukung kelancaran kegiatan tersebut, petugas Polda Metro Jaya juga akan mengawal massa yang datang dari luar Jakarta. Pengawalan dilakukan agar mobilisasi massa tak mengganggu aktivitas warga Ibu Kota.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, jajarannya akan mengawal massa sejak masuk wilayah Jakarta. Selanjutnya, massa akan diarahkan menuju kawasan Monas melintasi rute yang telah disiapkan.

"Kita akan memberikan pengamanan. Mulai masuk tol pun kita akan beri pengawalan. Nanti kita arahkan ke kantung parkir yang sudah disediakan," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (30/11/2016).

Menurut dia, Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan penyelenggara atau laskar-laskar ormas yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sementara terkait kantung parkir kendaraan pengangkut massa, Polda Metro Jaya telah menyiapkan empat lokasi. "Kantung parkir pertama di Masjid Istiqlal, kedua di IRTI Monas, ketiga (PRJ) Kemayoran, kalau kurang lokasi keempat di Gelora Bung Karno," beber Argo.

Selain itu, polisi melakukan pengawalan terhadap massa yang berjalan kaki. Massa yang rata-rata merupakan warga Jakarta ini langsung diarahkan menuju area Monas.

"Nanti di sana ada petugas di lapangan, nanti sama teman-teman yang mengadakan acara, nanti akan diarahkan ke Monas," pungkas Argo.

Berikut rute mobilisasi massa yang akan dikawal oleh petugas Polri di lapangan:

1. Massa yang datang dari Banten atau Tangerang akan melalui Tomang - Caringin - Biak - Suryo Pranoto - Harmoni - Juanda - Monas.

2. Massa yang datang dari Bandung atau Bekasi akan melalui Jalan Tol keluar Cempaka Putih - Senen - Jalan Medan Merdeka Timur - Monas.

3. Massa yang datang dari Bogor atau Sukabumi setelah keluar dari Tol Tegal Parang akan melewati Jalan Rasuna Said - Tjokro Aminoto - Tugu Tani - Monas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini