Sukses

PAN Minta Pergantian Ketua DPR Diundur

Agar masing-masing fraksi partai di DPR dapat mengkomunikasikan hasil rapat Badan Musyarawah (Bamus) kemarin malam.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto mengatakan partainya sempat meminta agar rapat paripurna pengambilan keputusan pergantian Ketua DPR Ade Komarudin kepada Setya Novanto dilakukan pada Kamis 1 Desember atau Selasa 6 Desember mendatang.

Hal ini karena menurutnya dilakukan agar masing-masing fraksi partai di DPR dapat mengkomunikasikan hasil rapat Badan Musyarawah (Bamus) kemarin malam.

"Fraksi PAN pagi ini mau mengkomunikasikan hasil bamus tadi malam ke semua anggota fraksi. Kita minta Selasa atau paling cepat Kamis besok tapi setelah ada forum lobi disepakati sore nanti, yang awalnya Golkar minta Rabu pagi ini," ungkap Yandri di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Yandri menegaskan pengunduran jadwal pelantikan Kerua DPR hanya masalah teknis agar seluruh fraksi partai di DPR dapat melakukan rapat pleno masing-masing.

"Alasan teknis aja biar punya waktu untuk pleno fraksi dulu sebelum rapur (rapat paripurna)," ucap dia.

Meski begitu, Yandri menuturkan jika PAN menyerahkan sepenuhnya keputusan pengembalian Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto kepada Fraksi Golkar.

"Kita setuju aja karena itu memang haknya Golkar. Insya Allah enggak (penolakan) tapi enggak tau juga ntar dinamika di rapat paripurna karena masing-masing anggota punya hak untuk menyampaikan pendapatnya," tegas Yandri.

Badan Musyawarah (Bamus) DPR telah memutuskan untuk menggelar paripurna terkait pergantian Ketua DPR. Hasil keputusan rapat seluruh fraksi sepakat menggelar rapat paripurna.

"Kita mengagendakan rapat paripurna pada Rabu (hari ini) pukul 15.00 WIB dengan sejumlah agenda di rapim dan pengganti Bamus," ucap Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.