Sukses

Begini Proses Pergantian Ketua DPR dari Akom ke Setnov

Fadli mengatakan seluruh fraksi berhak mengeluarkan pendapatnya terkait usulan penggantian Ketua DPR dari fraksi Partai Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Musyawarah (Bamus) DPR telah mengambil keputusan untuk menggelar paripurna terkait pergantian Ketua DPR. Hasil keputusan rapat seluruh fraksi sepakat menggelar rapat paripurna.

"Kita mengagendakan rapat paripurna pada Rabu (hari ini) pukul 15.00 WIB dengan sejumlah agenda di rapim dan pengganti Bamus," ungkap Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Pusat, Selasa 29 November 2016 malam.

Menurut dia, ada sejumlah agenda yang rencananya akan dibahas dalam paripurna hari ini, yaitu soal jadwal fit and proper test calon duta besar (dubes) hingga penggantian Ketua DPR dari Ade Komarudin atau Akom kepada Setya Novanto atau Setnov.

"Agenda dibahas baik di rapim dan rapat pengganti bamus, agenda surat presiden penetapan dubes yang akan dibahas di fit and proper test di Komisi I, BPH Migas, Fraksi Partai Golkar terkait pemberhentian DPR RI, rapat penetapan penggantian ketua DPR baru. Ini menjadi agenda untuk rapat paripurna besok," papar Fadli.

"Kita berharap sudah kita kaji sesuai mekanisme kita UU MD3 dan telah disepakati untuk mengagendakan pada Rabu ini," sambung Fadli.

Politikus Partai Gerindra ini menyebut dalam rapat paripurna hari ini akan dibacakan surat soal penggantian posisi Ketua DPR dari Akom kembali kepada Setnov. Setelah disetujui seluruh fraksi, baru akan diambil keputusan apakah seluruh fraksi akan menerima atau menolak usulan tersebut.

"Tadi sudah diputuskan satu untuk persetujuan dulu untuk pemberhentian baru, kemudian setelah itu ada persetujuan penetapan ketua DPR yang baru. Jadi melalui proses penetapan itu," beber Fadli lagi.

Fadli mengatakan seluruh fraksi berhak mengeluarkan pendapatnya terkait usulan penggantian Ketua DPR dari fraksi Partai Golkar. "Semua keputusan itu ada di rapur (rapat paripurna. Itu hak anggota untuk memutuskan," ucap dia.

Ketika ditanya lebih lanjut soal proses rapat paripurna, Fadli pun enggan berandai-andai, dia minta tunggu saja bagaimana rapat berjalan.

"Intinya agendanya persetujuan, penetapan, dan proses penetapan. Untuk persisnya, kita lihat besok di paripurna," ucap Fadli.

Rapat Bamus pada Selasa 29 November malam berlangsung sejak pukul 21.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Rapat tersebut juga sempat diskors sekitar 15 menit.

Empat pimpinan DPR yakni Fahri Hamzah, Fadli Zon, Agus Hermanto, dan Taufik Kurniawan tampak hadir. Sejumlah pimpinan fraksi juga terlihat hadir pada rapat Bamus ini.

Mereka seperti Sekretaris Fraksi Golkar Azis Syamsudin, Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto, Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto, Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem Johnny Plate, dan Ketua Fraksi Partai Hanura Nurdin Tampubolon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.