Sukses

VIDEO: Gelombang Massa Aksi 212 Terus Berdatangan ke Jakarta

Presiden Jokowi mengingatkan, aksi 2 Desember adalah doa bersama bukan demo atau unjuk rasa.

Liputan6.com, Garut - Rombongan santri dari Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya, tiba di Kabupaten Garut siang tadi. Mereka berjalan kaki sejak Senin kemarin, 28 November 2016.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (29/11/2016), sebagian dari rombongan santri berusia muda ini, tertidur lantaran kelelahan. Mereka pun menjalani terapi pijat dan bekam, untuk keluhan sakit kepala dan masuk angin.

Bernasib tak jauh berbeda, setelah berjalan kaki 25 kilometer dari Ciamis ke Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ratusan santri lain juga kelelahan.

Mengatasi rasa lelah, mereka saling pijat satu sama lain. Bahkan ada yang merendam kaki di air es, agar rasa lelah berkurang. Jumlah mereka pun terus berkurang, lantaran ada yang pulang ke rumah.

Sementara itu, meski sudah dilarang Kapolri untuk berdemo pada saat bersamaan dengan aksi 212, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang dipimpin Said Iqbal, berencana tetap menggelar aksi demo. Dengan long march dari balai kota menuju depan Istana Merdeka.

Presiden Joko Widodo mengingatkan, aksi 2 Desember adalah doa bersama, bukan aksi demo atau unjuk rasa.

Aksi 2 Desember berlangsung pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di Silang Monas, diisi tausiah, zikir, dan salat jumat. Peserta dilarang membawa senjata tajam dan bambu runcing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.