Sukses

Bahas UU Pemilu dengan Jokowi, Ini Pernyataan Lengkap Ketum PKB

Pembahasan RUU Pemilu saat ini tengah berjalan. Ketua Pansus RUU Pemilu berasal dari PKB.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar makan siang bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Pertemuan ini digunakan Muhaimain untuk meminta arahan Jokowi terkait pembahasan RUU Pemilu yang tengah berjalan di DPR.

Muhaimin mengatakan, pembahasan RUU Pemilu saat ini memang tengah berjalan. Kebetulan, Ketua Pansus RUU Pemilu berasal dari PKB. Hal ini tidak disia-siakan Muhaimain untuk meminta pendapat Jokowi agar pembahasan bisa berjalan lancar dan diterima semua pihak.

"UU Pemilu ini yang sedang dibahas, kebetulan ketua pansusnya PKB. Kita ingin mendapat arahan Pak Presiden bagaimana caranya pembahasan ini berjalan dengan baik, semua puas, partai-partai yang ada di dalam parlemen sangat puas dalam proses pembahasan hingga tuntas nanti," kata Muhaimin di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Berikut pernyataan lengkap Muhaimin usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

"Terimakasih Pak Presiden. Teman-teman semua, tadi saya menyampaikan kepada Pak Presiden beberapa hal melaporkan, termasuk sekarang sedang ada pertemuan alim ulama membahas tentang konstitusi, terutama ada keinginan untuk meperbaiki sistem demokrasi kita secara lebih dewasa karena perjalanannya cukup lama 20 tahun, salah satunya adalah mempertegas sistem presidensial.

Sistem presidensial ini untuk memberikan kejelasan agar kita tidak menjadi terlalu parlementer, banyak hal yang substansi di situ. Itu salah satunya mengangkat Kepala BIN apa perlu ke DPR, dan banyak hal, duta besar apakah perlu ke DPR, dan seterusnya. Ini penguatan presidensial yang telah dibahas para kiai, para ulama untuk menyempurnakan sistem demokrasi.

Termasuk di dalamnya UU Pemilu yang lagi hangat. Saya laporkan kepada Pak Presiden, ada banyak opsi agar pemilu tahun 2019 nanti lebih kuat, lebih transparan, lebih dewasa, dan partispasi masyarakat lebih besar lagi.

UU Pemilu ini yang sedang dibahas, kebetulan ketua pansusnya PKB. Kita ingin mendapat arahan Pak Presiden bagaimana caranya pembahasan ini berjalan dengan baik, semua puas, partai-partai yang ada di dalam parlemen sangat puas dalam proses pembahasan hingga tuntas nanti. Panjang ini ceritanya, nanti kapan-kapan kita diskusi khusus soal UU Pemilu.

Yang ketiga, partai-partai pendukung pemerintah tentu akan terus berusaha sekuat tenaga untuk mensukseskan program-program pemerintah, termasuk mensukseskan jalannya pemerintah yang dipimpin oleh Pak Jokowi ini dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi, agar produktivitas ekonomi kita semakin meningkat, percepatannya lebih laju lagi dibanding waktu-waktu sebelumnya, kira-kira itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.