Sukses

Panglima TNI Ingatkan Demo 2 Desember Damai dan Sejuk

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah berkoordinasi dengan Panglima TNI untuk memastikan keamanan selama unjuk rasa.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan agar Demo 2 Desember tetap menunjukkan umat Islam yang demokratis, damai, dan sejuk.

"Saya ingatkan aksi 4 November lalu sudah menunjukkan bagaimana umat Islam kita demokratis, umat Islam kita juga damai dan sejuk," kata Gatot Nurmantyo usai menghadiri Kuliah Kebangsaan di Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Gatot menyatakan, tuntutan massa 4 November lalu, yaitu menetapkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai tersangka kasus penistaan agama, sudah dilakukan polisi.

"Proses hukum sedang berjalan karena ini negara hukum," kata Gatot.

Gatot lalu menceritakan ada pihak-pihak tertentu yang mengajak demo 2 Desember adalah dalam rangka 'mari kita demo untuk melindungi Alquran'.

"Banyak yang bilang di media sosial, kita lindungi Alquran. Lindungi Alquran, Allah telah mengatakan dalam Alquran 'Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya'. Jadi, kalau mau jaga Alquran, Allah yang jaga. Jadi, kalau ingin berlindung, ikuti Alquran," ucap Gatot seperti dikutip dari Antara.

Gerakan Nasional Pendukung Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) dan Polri sepakat bahwa demonstrasi 2 Desember akan digelar di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah berkoordinasi dengan Panglima TNI untuk memastikan keamanan selama unjuk rasa.

"Kami akan siapkan tempat di Monas untuk menampung 600 ribu hingga 700 ribu orang. Kalau kurang (lahan), kami siapkan Jalan Medan Merdeka Selatan. Kami akan kerja sama dengan PMI, Satpol PP dan rekan-rekan ormas untuk mengawal aksi ini," kata Tito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.