Sukses

Surya Paloh: Tanpa Penguatan Ideologi, Kita Akan Sulit Maju

Dirinya menyayangkan ideologi Pancasila yang kini seakan tak lagi mendapatkan perhatian dari banyak pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan pentingnya menjaga ideologi Pancasila untuk dasar berbangsa dan bernegara, agar maknanya tidak dibelokkan dan melemah. Surya mengaku prihatin dengan kondisi bangsa yang mudah terprovokasi berbagai isu yang mengganggu semangat kesatuan dan persatuan bangsa.

"Kalau kita sendiri tidak memberikan penguatan terhadap ideologi kebangsaan kita, kemajuan kita itu sulit," kata Surya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Menurut dia, semangat membangun kesatuan dan persatuan akan melahirkan kondisi stabilitas negara yang kokoh. Kondisi tersebut akan mengantarkan pembangunan bangsa Indonesia yang berkelanjutan.

"Kalau kita tidak memiliki iklim stabilitas yang kuat dan kokoh, kita tidak bisa mengerjakan apa-apa," ujar Surya.

Padahal, lanjut dia, Indonesia memiliki anugerah yang sangat berlimpah dan memiliki posisi yang strategis. Terlebih dari segi sumber daya alam.

Dirinya juga menyayangkan ideologi Pancasila yang kini seakan tak lagi mendapatkan perhatian dari banyak pihak.

"Ideologi kebangsaan tidak lagi jadi sesuatu yang kita yakini atau bisa memperkuat kehadiran kita sebagai bangsa. Maka bangsa dan negeri kita bisa mengalami sebuah risiko kebangsaan," kata Surya.

Selain itu, ia meminta seluruh kader Nasdem untuk merapatkan barisan dan menghadang pihak-pihak yang mencoba membelokan makna persatuan dan kesatuan bangsa sesuai amanat Pancasila.

"Nasdem harus berdiri di garda terdepan apabila ada upaya-upaya dari mana pun itu yang mencoba untuk membelokkan makna persatuan dan kesatuan bangsa dengan ideologi dan semangat yang berbeda-beda," pungkas Surya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini