Sukses

Nasdem Kerahkan 5 Ribu Kadernya untuk Parade Budaya di Jakarta

Menurut Gunastawa, parade budaya pada 4 Desember nanti tak bermaksud sebagai tandingan demonstrasi 2 Desember 2016.

Liputan6.com, Denpasar - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Bali akan mengerahkan 5 ribu kadernya, untuk diberangkatkan ke Jakarta mengikuti parade budaya pada 4 Desember 2016.

Ketua DPW Partai Nasdem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa mengatakan, parade budaya yang dipusatkan di Jakarta ini mengambil tema #KitaIndonesia.‎

"Peserta aksi yakni Partai Nasdem, PDIP, PKB, Hanura, PPP, PKPI, PAN, Golkar, relawan Jokowi, ormas, komunitas dan masyarakat umum," kata Gunastawa di sela konsolidasi pengerahan massa di Denpasar, Minggu 27 November 2016.‎

Gunastawa menjelaskan, aksi tersebut diinisiasi Aliansi Kebangsaan Indonesia yang akan melibatkan 500 ribu orang. Nasdem sendiri diminta untuk mengerahkan hampir separuh dari target jumlah massa yakni, 200 ribu orang.

"Belum lama ini kami dipanggil Ketum (Surya Paloh), yang juga merupakan salah satu inisiator Aliansi Kebangsan Indonesia. Diputuskan bahwa kita perlu berkumpul di Ibu Kota dalam rangka merayakan keragaman dan ke-Bhinekaan dalam satu kesatuan NKRI," ungkap dia.

Gunastawa tak memungkiri aksi yang akan diisi parade budaya itu dilatarbelakangi situasi nasional yang berkembang sekarang ini.

"Atas dasar itu maka dirasa perlu untuk meningkatkan rasa kebangsaan kita. Nanti akan ada ragam budaya, menggambarkan kegembiraan bagaimana ke-Bhinekaan ini mampu dipertahankan berangkat dari sejarah Indonesia yang adi luhung," kata dia.

Menurut Gunastawa, aksi ini tak bermaksud sebagai tandingan demonstrasi 2 Desember 2016, yang digalang kelompok umat Muslim. Dia juga menolak aksi ini dikaitkan dengan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.

"Tidak ada kaitan dengan Pilkada DKI Jakarta atau Ahok. Ini hanya merayakan keberagamaan, menjaga keutuhan NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Tidak juga dalam rangka tandingan (demo 2 Desember). Ini bukan demo, tapi lebih sebagai perayaan dengan penuh suka cita," tegas dia.

Gunastawa menjelaskan, 5 ribu massa dari Nasdem Bali akan bertolak ke Jakarta menggunakan 100 bus. Massa akan diberangkatkan pada 2 Desember malam dan diperkirakan tiba di Jakarta pada 4 Desember dini hari.

Gunastawa mengaku membuka posko di Sekretariat DPW Nasdem Bali, jika ada masyarakat yang ingin ikut ambil bagian ke Jakarta.

Menurut Gunastawa di pihaknya telah menemui Kapolri, terkait rencana aksi 4 Desember yang dimulai pukul 08.00-11.00 WIB itu.

Di Bali, Gunastawa mengaku, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kapolda Bali, untuk keberangkatan ribuan massa tersebut.

Gunastawa optimistis Polda Bali akan mengizinkan pihaknya mengerahkan massa untuk aksi 4 Desember di Jakarta. Sebab, ada demo 2 Desember dengan atraksi budaya 4 Desember sangat berbeda.

"Yang membedakan, kita bicara NKRI, Pancasila dan UUD 1945 dan kebhinekaan. Saya optimistis Kapolda mengizinkan kami berangkat. Ini bukan diskriminasi, tapi demi menjaga kesatuan, keragaman," tutur Gunastawa.

Kapolda Bali Irjen Pol Sugeng Priyanto sebelumnya mengimbau kepada umat Islam Bali, untuk tidak melakukan pengerahan massa pada demonstrasi 2 Desember 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini