Sukses

DPR Tunggu Surat Pimpinan untuk Fit and Proper Test Calon Dubes

Jika proses lancar, maka pekan kedua Desember, akan dilakukan uji kelayakan calon dubes.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi sudah menyerahkan nama-nama calon duta besar kepada DPR untuk diuji kepatutan dan kelayakannya. Surat tersebut sudah diserahkan ke Pimpinan DPR.

"Info yang saya dapat surat dari Presiden sudah masuk ke pimpinan DPR," ucap Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid kepada Liputan6.com, Sabtu (26/11/2016).

Dia mengatakan, jika surat itu masuk ke Komisi I, baru dilaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada para kandidat duta besar.

"Nanti Komisi I DPR RI menunggu surat dari pimpinan untuk melakukan fit and proper test. Artinya masa sidang ini ya harus terlaksana. Pelaksanaannya sendiri mungkin 2-3 hari, dengan asumsi ada 20-an calon," jelas Meutya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menuturkan, baru hanya mendengar isu saja soal daftar calon dubes yang beredar. Sebab, hingga saat ini belum melihat surat dari Presiden.

"Sampai sekarang Komisi I memang belum menerima. Tapi untuk uji kelayakannya, itu akan dibacakan di sidang paripurna mendatang oleh Pimpinan DPR," tegas Abdul.

Dia mengungkapkan, jika proses lancar, maka pekan kedua Desember, baru akan dilakukan uji kelayakan.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menuturkan, segera rapat dengan para anggota dan pimpinan di komisi, jika memang surat dari Presiden sudah diterima. "Memang surat baru masuk dan akan segera kita rapatkan," pungkas Sukamta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.