Sukses

Jakarta Terancam Tenggelam, Begini Sikap Fotografer Belanda

Kawasan Jakarta Utara terancam tenggelam. Inilah yang menggugah fotografer asal Belanda untuk mengampanyekan penyelamatan utara Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Jakarta perlahan tenggelam karena penurunan permukaan tanah bukan cerita baru. Ancaman tersebut kini kian dirasakan oleh warga di utara Jakarta.

Kondisi tersebut menyentuh Cynthia Boll, seorang fotografer asal Belanda. Dia tertarik untuk menggugah kesadaran kelompok muda Jakarta untuk mewaspadai ancaman penurunan permukaan tanah. Upaya tersebut Cynthia lakukan melalui kegiatan fotografi.

"Melalui tangkapan foto proyek saya dengan empat penduduk, dengan kondisi latar belakang berbeda di Jakarta Utara, saya coba memaparkan kondisi mengkhawatirkan mereka kepada Jakara, khususnya kelompok muda (18-35 tahun). Saya membagikan itu dalam kampanye Facebook Utarakan Jakarta," kata Cynthia dalam pembukaan pameran fotonya di Gedung Van Vleuten & Cox, Kota Tua, Jakarta Utara, Kamis 24 November 2016.

Cynthia menghabiskan waktu hampir dua tahun dalam pengerjaan proyek membangun kesadaran tersebut. Gagasan tersebut muncul November 2014. Awal 2015, dia pun terbang ke Indonesia dan memulai proyeknya tersebut.

"Proyek ini berhasil saya luncurkan pada 1 Oktober 2015. Fokusnya adalah meningkatkan kesadaran akan turunnya permukaan tanah dan naiknya permukaan air laut," kata Cynthia.

Dia punya alasan kalangan muda yang menjadi sasaran kampanyenya itu. Karena pada 20-30 tahun mendatang, bila kawasan utara Jakarta tidak ditangani dengan baik maka Jakarta benar-benar akan tenggelam. Dan, kelompok usia muda saat inilah yang akan terkena dampaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini