Sukses

Sutan Adil: Kesejahteraan Guru Pintu Masuk Mutu Pendidikan

Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra berharap guru mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik demi meningkatkan mutu pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra menegaskan, Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November, seharusnya dipandang sebagai momentum meneguhkan keberpihakan pemerintah pada kualitas pendidikan.

“Karena, pintu masuk mutu pendidikan adalah kesejahteraan para guru. Jadi, keberpihakan pada kesejahteraan guru merupakan jalan pintas untuk peningkatan mutu pendidikan,” tegas politisi F-Gerindra dikutip dari website DPR RI, Jumat (25/11).

Menurut Sutan, guru memegang peranan penting dalam menciptakan Generasi Emas Indonesia di masa mendatang. Sehingga, kesejahateraan guru pun harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah.

“Jangan sampai karena kurangnya honor dalam menjalankan profesi guru, mereka harus bekerja keras setelah mengajar di sekolah. Harus ada yang menjadi tukang ojek, berjualan, bahkan pemulung sampah. Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas guru itu sendiri,” kritisi Sutan.

Menurutnya, dengan hadirnya sertifikasi, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan guru. Sehingga, guru dapat fokus pada peningkatan kualitas diri guru, dalam memberikan ajaran kepada anak didiknya. Penerimaan guru juga harus lebih selektif.

“Seleksi penerimaan guru juga harus mendapat perhatian dari Pemerintah. Karena, jika kualitas guru tidak maksimal, hal itu pula akan berpengaruh pada kualitas anak didiknya,” imbuh politisi asal dapil Jambi itu.

Sutan juga melihat, masih minimnya jumlah guru-guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah. Pengajar di daerah masih didominasi oleh guru honorer. Selain itu, masih adanya gugatan hukum yang diterima oleh guru, karena dinilai orang tua murid terlalu berlebihan dalam mengajar.

“Gugatan hukum kepada guru itu tidak boleh terjadi lagi. Guru juga berhak untuk menindak murid yang tingkah lakunya sudah di luar batas wajar. Jika orang tua kurang berkenan, seharusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan terlebih dahulu,” pesan Sutan.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.