Sukses

Aksi Dukungan Penuntasan Skandal Century di Daerah

Dukungan untuk penuntasan skandal Bank Century disuarakan oleh mahasiswa di luar Jakarta. Di Bandung, Jawa Barat, mahasiswa berunjuk rasa di depan Gedung Sate.

Liputan6.com, Bandung: Dukungan untuk penuntasan skandal Bank Century disuarakan oleh mahasiswa di luar Jakarta. Di Bandung, Jawa Barat, mahasiswa berunjuk rasa di depan Gedung Sate, Selasa (2/3). Skandal triliunan rupiah ini telah menurunkan citra pemerintah di mata pengunjuk rasa.

Dukungan serupa disuarakan sejumlah elemen yang tergabung dalam Amuk Rakyat di Solo, Jawa Tengah. Massa mendatangi markas Poltabes Solo guna mendesak polisi tidak ragu memeriksa Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyan. Aksi juga digelar di Gedung DPRD Solo.

Menuntut penuntasan skandal Century juga disampaikan Solidaritas Pemuda dan Mahasiswa Jombang, Jawa Timur. Mahasiswa memaksa masuk halaman Gedung DPRD Jombang karena kesal tidak satu pun Dewan mau menemui mereka. Namun akhirnya salah satu anggota Dewan menemui mereka dan mendukung aksi mahasiswa.

Di Palembang, Sumatra Selatan, para mahasiswa menuntut skandal Century segera dibawa ke ranah hukum. Sebab penyelamatan Bank Century yang berujung bobolnya uang rakyat Rp 6,7 triliun adalah keputusan salah. Mahasiswa mengecam sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dianggap terlalu membela Boediono dan Sri Mulyani.

Berbeda dengan di daerah lain. Demonstrasi Century di Samarinda, Kalimantan Timur, berlangsung ricuh. Demonstran terlibat bentrok dengan polisi. Bahkan petugas sempat memukuli seorang pengunjuk rasa yang dituding sebagai provokator. Bentrok dipicu penolakan demonstran untuk tidak membakar ban bekas.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini