Sukses

Puluhan Hektare Hutan Lindung di Ambon Terbakar

Puluhan hektare lahan hutan lindung di kawasan puncak Gunung Nona, Ambon, Maluku, terbakar. Diduga, hutan tersebut sengaja dibakar orang tak dikenal.

Liputan6.com, Ambon: Puluhan hektare lahan hutan lindung di kawasan puncak Gunung Nona, Ambon, Maluku, yang menjadi daerah resapan air, Selasa, (2/3) siang, habis terbakar. Menurut warga sekitar, hutan sengaja dibakar oleh orang tak dikenal, semula api masih terlihat kecil. Namun karena suhu panas dan tiupan angin kencang, api tiba-tiba membesar. Ditambah lagi di lokasi hutan banyak semak-semak yang membuat api mudah menyebar.

Dalam kejadian ini, salah satu transmisi induk milik stasiun TVRI Ambon yang berada di areal lokasi kebakaran juga nyaris terbakar. Ini sempat membuat panik para pegawai yang sedang bertugas.

Berdasarkan pantauan SCTV, sekalipun Pemerintah Kota Ambon mengerahkan puluhan unit kebakaran dan dibantu penduduk setempat, hingga kini kobaran api belum dapat dikuasai. Sebab, akses jalan ke lokasi kebakaran terjal dan berjurang. Mudah ditebak, unit pemadam kebakaran sulit mendekati titik api. Petugas akhirnya hanya dapat membatasi penyebaran api agar tidak menuju permukiman.(ARL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini