Sukses

Lagi, Serdadu NATO Tewas

Dua tentara NATO tewas di Afghanistan Barat, sementara yang lain tewas di selatan. Satu tentara lain tewas akibat bom bunuh diri di i dekat bandar udara Kandahar, basis penting pasukan NATO di Afghanistan Selatan, yang juga menewaskan empat warga sipil.

Liputan6.com, Kandahar: Dua tentara NATO tewas di Afghanistan Barat, sementara yang lain tewas di selatan. Satu tentara lain tewas akibat bom bunuh diri di i dekat bandar udara Kandahar, basis penting pasukan NATO di Afghanistan Selatan, yang juga menewaskan empat warga sipil.

Kematian itu terjadi sehari setelah sebuah bom pinggir jalan membunuh 11 warga sipil di dekat Provinsi Helmand, tempat NATO dan pasukan Afghanistan melancarkan ofensif besar-besaran terhadap pejuang Taliban.

Sampai saat ini, NATO belum merilis kebangsaan tentara yang tewas. Kematian pada Senin (1/3) membuat jumlah pasukan NATO yang tewas di Afghanistan tahun ini menjadi 105, lebih dari dua kali lipat mereka yang tewas dalam dua bulan pertama tahun lalu, menurut situs pemantau independen icasualties.org.

Begitu sedikit korban yang berjatuhan awal tahun ini, disebabkan musim dingin di Afghanistan. Tahun lalu, lebih dari 500 tentara NATO tewas, dan menjadi tahun paling mematikan bagi pasukan asing di Afghanistan sejak invasi yang dipimpin Amerika Serikat pada 2001.

Total, lebih dari 15 ribu pasukan AS, Inggris, dan tentara Afghanistan telah mulai menekan pasukan Taliban dari Marjah dan Nad Ali, di Helmand.(BBC/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini