Sukses

Polisi Belum Putuskan Tahan Buni Yani

Awi menyatakan, penetapan Buni Yani sebagai tersangka telah memenuhi alat bukti yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menetapkan Buni Yani, pengunggah penggalan video pidato Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai tersangka. Buni Yani jadi tersangka usai diperiksa sekitar 8 jam.

Meski telah jadi tersangka, polisi belum memutuskan untuk menahan Buni Yani. Polda Metro Jaya masih akan lembur 1x24 jam melakukan pemeriksaan untuk menentukan ditahan tidaknya.

"Terkait nanti statusnya ditahan atau tidak, tentu kita tunggu keputusan penyidik. Penyidik yang bisa menilai baik itu syarat formil materiil termasuk alasan subjektif maupun objektif," kata Awi, Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Dia menyatakan, penetapan Buni Yani sebagai tersangka telah memenuhi alat bukti yang ada. 

"Kita memenuhi empat alat bukti keterangan saksi, ahli, surat, dan petunjuk," ujar Awi.

Sebelumnya, sejumlah relawan yang tergabung dalam Komunitas Advokat Muda Ahok-Djarot (Kotak Adja) melaporkan Buni Yani ke Polda Metro Jaya. Buni dilaporkan terkait pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Buni merupakan pengunggah penggalan video Ahok saat berpidato di hadapan sejumlah masyarakat di Kepulauan Seribu. Penggalan video yang diunggah di akun Facebook itu terkait ucapan Ahok soal Surat Al Maidah ayat 51.

Laporan Kotak Adja diterima polisi dengan nomor LP/4873/X/PMJ/Dit Reskrimsus. Pada laporan itu, perbuatan Buni Yani dianggap melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 ayat (2) UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman pidana 6 tahun masa kurungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini