Sukses

Jokowi: Pencegahan Korupsi Jangan Hanya Seremonial

Semua langkah reformasi hukum termasuk korupsi sudah dimulai dengan bergeraknya tim Saber Pungli.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas terkait pencegahan korupsi di Indonesia. Jokowi ingin pencegahan korupsi dilakukan dengan serius dan tidak sekadar seremonial.

"Saya minta aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak hanya berhenti pada dokumen-dokumen perencanaan yang bertumpuk-tumpuk. Dan saya juga tidak ingin hanya menjadi sebuah aksi simbolis-simbolis atau upacara ceremoni-ceremoni semata tapi saya ingin agar aksi ini betul-betul fokus, betul-betul konkret di lapangan," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Semua langkah reformasi hukum termasuk korupsi sudah dimulai dengan bergeraknya tim Saber Pungli. Jokowi juga sudah mulai bisa melihat hasil kerja dari tim itu.

"Hasilnya bisa kita lihat sudah banyak pembenahan-pembenahan terutama di tempat layanan publik," imbuh dia.

Jokowi juga mendapat informasi animo masyarakat yang ikut serta melaporkan berbagai pungli yang dialami di wilayah mereka masing-masing. Bahkan, dari laporan yang disampaikan ditemukan masih ada pungli di berbagai sendi birokrasi hingga BUMN.

"Dan ini juga akan terus kita gencarkan lagi. Kita tidak akan berhenti pada pemberantasan pungli saja tapi jangkauan pemberantasan korupsi harus dimulai dari hulu sampai hilir, dari pencegahan sampai dengan penindakan hukum yang tegas," Jokowi memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Saber pungli