Sukses

Kekuatan Gempa Cile Terekam CCTV

Kedahsyatan gempa 8,8 SR yang mengguncang Cile terekam CCTV sebuah hotel di Vina Del Mar, berlokasi sekitar 570 kilometer dari titik gempa di utara Conception.

Liputan6.com, Vina Del Mar: Kedahsyatan gempa 8,8 skala Richter yang mengguncang Cile sempat terekam kamera pengawas (CCTV) sebuah hotel di Vina Del Mar, berlokasi sekitar 570 kilometer dari titik gempa di utara Conception. Diwartakan Ahad (28/2), para penghuni hotel panik dan berhamburan ke jalan. Kejadian saat itu pengunjung sedang menikmati acara musik, Sabtu malam.

Keadaan serupa dialami para pengunjung restoran. Mereka berlarian keluar setelah atap restoran ambruk.

Kekuatan gempa yang begitu besar dalam sekejap memorakporandakan hampir sebagian kawasan Cile. Di wilayah Iloca, misalnya, ratusan bangunan dan kendaraan hancur. Gedung-gedung rata dengan tanah bersamaan dengan reruntuhan jembatan dan jalan-jalan yang amblas.

Sementara di Pelluhue, tak ada yang tersisa dari kota ini. Yang ada puing-puing bangunan yang menimbun harta benda yang ditinggalkan warga. Kuatnya gempa yang memicu gelombang laut besar menghempaskan sebuah kapal besar hingga terdampar ke daratan di pesisir Dichato.

Selain itu gempa juga mengakibatkan aliran listrik dan jaringan komunikasi terputus. Sementara bandara internasional di Santiago pun ditutup. Gempa yang berpotensi gelombang Tsunami itu diikuti gempa susulan sebanyak 90 kali [baca: Puluhan Orang Selamat dari Reruntuhan Apartemen].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini