Sukses

Tsunami Muncul dalam Hitungan Seperempat Jam

Tsunami meratakan sebuah desa di Cile, 15 menit setelah gempa mengguncang. Sementara itu, lima orang tewas karena tsunami yang menghantam Pulau Robinson Crusoe.

Liputan6.com, Duao: Gempa berkekuatan 8,8 skala Richter yang melanda Cile kemarin, mengakibatkan tsunami di sebuah desa di Cile. Gelombang laut muncul sekitar 15 menit setelah gempa. Namun, sebelumnya, mayoritas penduduk telah dievakuasi ke bukit.

Penduduk yang menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi, hingga kini belum memiliki akses bantuan seperti makanan dan air. Musibah tersebut terjadi di Duao, sekitar 200 kilometer sebelah utara pusat gempa, di sepanjang garis pantai Samudra Pasifik.

Rumah-rumah kayu hancur total, penduduk desa pun hanya bisa tercengang duduk tak berdaya di tanah. Seorang pria yang kehilangan rumahnya mengatakan, ia tidak punya waktu melakukan apa-apa kecuali mengungsi dengan anak-anaknya. Segala yang ia miliki kini telah hancur tak bersisa [baca: Cile yang Luluh-lantak[.

Di tempat lain, pemerintah Cile mengatakan tsunami menghantam Pulau Robinson Crusoe, 670 kilometer dari Cile. Dalam bencana tersebut, sedikitnya lima orang ditemukan tewas dan 11 orang lainnya hilang. Sekitar 20 hingga 30 persen bangunan di pulau ini dilaporkan hanyut. Pemerintah pun mengirimkan sejumlah kapal milik angkatan laut untuk mengantarkan bantuan ke pulau.(ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini