Sukses

Korban Tewas 214 Orang

Korban tewas akibat gempa di Cile mencapai 214 orang dan dampaknya dirasakan lebih dari dua juta penduduk negara itu

Liputan6.com, Santiago: Korban tewas akibat gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter di bagian tengah Cile mencapai 214 orang dan dampaknya dirasakan lebih dari dua juta penduduk negara itu. Demikian dikatakan Presiden Cile Michelle Bachelet, seperti dikutip situs CNN, Sabtu (28/2). Sebelumnya, jumlah korban tewas dilaporkan 147 orang [baca: Korban Tewas Gempa Cile Mencapai 147 Orang].

Di tempat terpisah, Gubernur Provinsi Ivan De La Maza menyebutkan bahwa gelombang tsunami menewaskan sedikitnya tiga orang dan 10 orang hilang di Pulau Juan Fernandez, sekitar 643 kilometer di lepas pantai Cile. 

Sumber CNN menyebutkan, petugas di daratan Cile terus melakukan penyelamatan terhadap korban-korban yang tertimbun puing bangunan, jembatan, atau jalan layang. "Dengan gempa berskala 8,8 SR mengguncang daerah berpenduduk padat, maka pasti terjadi memakan banyak korban jiwa," kata Randy Baldwin, Ahli Geofisika dari United States Geological Survey (USGS).

Sementara sumber Associated Press melaporkan, sebuah apartemen baru runtuh, gedung penjara terbakar, dan jutaan orang tumpah ke jalan yang gelap gulita. Selain itu, jembatan roboh juga menghancurkan ratusan mobil dan truk, hingga upaya penyelamatan menjadi terhambat. Puluhan mobil hancur dan berserakan di jalan raya, bahkan tersangkut di atap rumah.

Beberapa korban selamat berusaha mencari kerabatnya yang hilang. Beberapa di antaranya meminta bantuan melalui Internet.(ADDY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini