Sukses

Pesan Politik Partai Konservatif Inggris untuk PKS

Sikap Partai Buruh resmi secara resmi mendukung integritas teritorial Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR sepakat menjalin kerja sama dengan Partai Buruh dan Konservatif di Inggris setelah para petinggi kedua partai bertemu di Inggris baru-baru ini.

"Pertemuan memberikan energi baru dalam hubungan persahabatan dan kemajuan antara fraksi PKS dengan partai penguasa dan oposisi di Inggris," kata Sekretaris Fraksi PKS, Sukamta, seperti dikutip dari Antara, Senin 21 November 2016.

Dikatakannya Fraksi PKS mengapresiasi dialog yang berlangsung dengan Lord Astor, mewakili fraksi partai konservatif dan John Spellar dari fraksi partai buruh sebagai oposisi. Keduanya, ia menilai, terlihat sangat matang dalam berpolitik dan memberikan masukan konstruktif dalam pengembangan fraksi.

Pada kesempatan itu Lord Astor yang diketahui sebagai mantan menteri pertahanan Inggris membagi pengalamannya mengembangkan fraksi partai konservatif di Inggris.

"Hal penting yang dapat dilakukan dalam pengembangan partai modern yang selama ini dilakukan fraksi partai konservatif yang berkuasa yaitu mengembangkan kepemimpinan yang kuat dan membentuk public image yang baik," ujar Lord Astor, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Lord Astor, dalam berpolitik, jangan sampai ada rasis dan harus berada di tengah untuk menarik semua golongan.

Sukamta mengaku sependapat dengan pendapat Lord Astor yang menarik tentang menghindari Rasis, karena bisa dipetik pelajarannya dalam kehidupan berpolitik di Indonesia yang akhir-akhir ini sedang hangat-hangatnya.

Pada kesempatan terpisah fraksi PKS juga bertemu dengan anggota DPR, dan mantan Menteri Angkatan Bersenjata Inggris John Spellar di Parliament Street, House Of Common.

"John Spellar adalah tokoh penting di Fraksi Partai Buruh sebagai partai oposisi yang banyak makan asam garam di dalam berpolitik di Inggris," ujar Sukamta.

John Spellar merupakan anggota House of Common dan anggota grup lintas partai di Inggris yang memperhatikan serta mengamati perkembangan Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara anggota G 20 dan memiliki populasi terbesar ke empat di dunia dan populasi muslim terbesar yang moderat.

"Hal yang mengejutkan di dalam pertemuan John Spellar mengklarifikasi adanya beberapa anggota fraksi Partai Buruh mendukung pembebasan Papua, hal ini ditepisnya karena itu hanya sikap pribadi-pribadi, secara resmi berbeda". ungkap Sukamta.

Sikap Partai Buruh resmi secara resmi mendukung integritas teritorial Indonesia, begitu pula kebijakan negara-negara mitra Inggris seperti Australia dan menganggap OPM adalah entitas yang tidak stabil dan juga tidak layak untuk didukung, ujar John Spellaar.

Acara diskusi ditutup dengan kesepakatan kerja sama yang akan dirancang lebih lanjut dan undangan dari fraksi PKS kepada perwakilan fraksi Partai Buruh untuk berkunjung ke Indonesia.

"Saya menyambut baik atas kerja sama lebih lanjut dan undangan ini, saya tunggu surat dan proposal kerja sama resminya," ujar John Spellaar.

Dalam kunjungan ke Inggris Fraksi PKS juga bertemu dengan komunitas Islam Inggris di Mosque Center pusat kota London untuk berdialog dan membangun komunikasi serta kerja sama lebih lanjut.

Pimpinan dan Anggota Fraksi PKS yang ikut dalam kunjungan kerja ke Inggris di antaranya Ketua/Anggota Komisi I DR, Jazuli Juwaini, Wakil Ketua Fraksi/Anggota Komisi III, Hb. Aboe Bakar Al-Habsy, Wakil Ketua Komisi VIII Iskan Qolba Lubis, MA , Wakil Ketua BKSAP Rofi Munawar, anggota Komisi IV Dr. Andi Akmal Pasludin, dan Anggota DPRD NTB Johan Rosihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.