Sukses

Seruan Damai Karnaval Cinta NKRI di CFD Sudirman-Thamrin

Gelaran karnaval tersebut mendapat respon positif dari masyarakat yang tengah asyik berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Arak-arakan karnaval Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia digelar di patung kuda, Monas, Jakarta Pusat. Ratusan orang yang terdiri dari berbagai elemen tumpah di Jalan Thamrin-Sudirman dengan membawa dan mengibarkan bendera merah putih.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (20/11/2016) pagi, sambil mengibarkan bendera, ratusan orang berjalan sambil menyerukan perdamaian. Intisari dari gelaran Karnaval Cinta NKRI tidak lain untuk menyadarkan, mengingatkan bahwaI ndonesia tercipta dengan keberagaman suku, adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda beda dari Sabang sampai Merauke.

Gelaran karnaval tersebut mendapat respon positif dari masyarakat yang tengah asyik berolahraga.

"Baguslah acara begini. Jadi buat tambah mempererat juga kan. Biar beda tapi tetap bersaudara," kata Agus warga kemayoran.

Selain arak-arakan, gelaran karnaval cinta NKRI juga diisi beragam atraksi daerah. Seperti reog ponorogo dan barongan. Kemudian akan ada pelepasan 17.500 balon merah putih di bundaran HI.

Selain diramaikan oleh pawai Cinta NKRI, kawasan Thamrin-Sudirman juga diramaikan oleh acara lari bersama ToleRun 2016  yang diprakarsai Indorunners akan digelar Minggu, 20 November 2016 mulai pukul 06.00 WIB.

Acara ini mengusung tema toleransi untuk Indonesia yang berbhineka dan akan diadakan serentak di 31 kota dari Aceh hingga Papua.

Untuk Jakarta, ToleRun akan digelar di Senayan. Di Jakarta, ToleRun ini dibagi dua: 5 kilometer dan 10 kilometer.

Untuk rute 10K: Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Bunderan HI, Patung Pemuda, dan kembali ke Plaza Selatan. Sedangkan rute 5K: Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jembatan Semanggi, Sudirman, Patung Kuda, dan kembali ke Plaza Selatan.

"Pesertanya ada dari berbagai komunitas Indorunners. Juga ada beberapa komunitas lain. Kegiatan ini akan berlangsung serentak di 31 kota seperti Magelang, Yogyakarta, Semarang," ujar pendiri Indorunners, Reza Puspo, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu, 19 November 2016.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.