Sukses

VIDEO: Ribuan Peserta Meriahkan Parade Bhinneka Tunggal Ika

Ribuan warga dari berbagai kalangan melakukan [Parade Bhinneka Tunggal Ika](2656467 ""), Sabtu pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga dari berbagai kalangan melakukan Parade Bhinneka Tunggal Ika, Sabtu pagi. Parade bertujuan untuk mendukung persatuan Indonesia dalam menjaga keberagaman.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (19/11/2016), Parade Bhinneka Tunggal Ika dimulai dari Patung Kuda menuju Tugu Tani di Jalan Ridwan Rais. Aksi kemudian berlanjut dengan kembali ke Patung Kuda melewati Jalan Medan Merdeka Selatan.

Selain diikuti ribuan warga dari berbagai daerah dan suku, parade juga dimeriahkan penampilan ondel-ondel, reog Ponorogo dan berbagai budaya daerah lainnya. Sebelumnya warga juga melakukan doa bersama dan orasi kebhinnekaan.

Sedangkan di Kota Bandung, Jawa Barat, ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat mengikuti doa bersama dan istigasah di depan Gedung Sate. Para santri dan anggota ormas yang hadir berharap Indonesia selalu damai. Doa bersama dan istigasah juga digelar untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara aliansi masyarakat yang tergabung dalam Front Peduli Indonesia Bhineka (FPI Bhineka) menggelar aksi simpatik. Aksi digelar di sekitar Monumen Bajra Sandhi Renon di Denpasar, Bali.

Kegiatan ini digelar untuk mendukung keutuhan NKRI dan menghargai perbedaan yang ada. Peserta aksi juga menolak segala bentuk tindakan intoleransi. Namun aksi simpatik ini sempat menimbulkan kemacetan lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.