Sukses

Pembakaran Hutan di Maluku Tengah Kian Meluas

Puluhan hektare hutan di Maluku Tengah kembali dibakar warga untuk membuka lahan perkebunan. Akibatnya lahan yang semula subur dan hijau kini menjadi tandus dan gundul.

Liputan6.com, Maluku: Pembakaran hutan di Maluku Tengah kian meluas. Selain membuka lahan perkebunan, warga merusak puluhan hektare hutan untuk mengumpulkan
potongan kayu sebagai pengganti bahan bakar. Akibatnya lahan yang semula subur dan hijau kini menjadi tandus dan gundul.

Data Dinas Kehutanan Provinsi Maluku menunjukkan kerusakan hutan di Maluku Tengah sudah mengkhawatirkan. Dari sekitar 750 ribu hektare luas hutan, 70 ribu hektare sudah hancur. Angka ini diperkirakan terus bertambah seiring meluasnya operasi pembakaran lahan serta hutan oleh beberapa perusahaan kelapa sawit.

Ekosistem hutan di Maluku Tengah otomatis terganggu. Beberapa habitat hewan termasuk burung kaka tua merah pun terancam punah. Ironisnya, Pemerintah Daerah setempat seakan tidak diam dan tidak menindak pelaku perusakan hutan ini [baca: Hutan Dibakar, Habitat Kakak Tua Merah Musnah].(WIL/YUS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini