Sukses

Atasi Banjir, Tanggul Kali Leduk Tangerang Akan Ditinggikan

Arief juga meminta Pemprov Banten menormalisasi Situ Bulakan, Kecamatan Periuk, yang menjadi kewenangan mereka.

Liputan6.com, Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang akan meninggikan tanggul Kali Ledug sebagai solusi mengatasi banjir di Perumahan Total Persada, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya akan menambah penguatan tanggul dengan menambah sheet pile atau dinding turab setinggi 1,5 meter. Sebab, tanggul setinggi 3 meter yang ada saat ini selain rembes, juga sudah tidak bisa mencegah air yang meluber ke perumahan ketika hujan deras.

"Kita anggarkan Rp 31 miliar untuk program penambahan sheet pile pada tanggul dari mulai ujung Kali Ledug hingga Perumahan Alamanda," kata Arief, saat meninjau banjir di Total Persada, Senin (14/11/2016).

Selain itu, juga akan dibangun pintu air. Nantinya, air di Kali Ledug akan di pompa ke Kali Cirarab untuk mencegah banjir.

"Sekarang kan air balik dari Cirarab ke Kali Ledug karena air banyakan dari Cirarab," kata dia.

Arief juga meminta Pemprov Banten menormalisasi Situ Bulakan, Kecamatan Periuk, yang menjadi kewenangan mereka. Situ Bulakan memang berada tak jauh dari perumahan Alamanda maupun Total Persada, dimana situ tersebut jadi penampungan air bagi perumahan sekitarnya.

"Itu kan aset Provinsi. Terakhir dinormalisasi itu 2008, kita berharap dinormalisasi lagi," ujar Arief.

Kabid Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang M Taufik mengatakan, penambahan sheet pile ini dilakukan pada tanggul sepanjang 1 Km menjadi setinggi 4,5 meter.

Menurut dia, selama ini yang menyebabkan banjir lantaran posisi rumah warga lebih rendah bila dibandingkan dengan daratan kali yang ada di sebelahnya.

"Muka air banjir di Kali Ledug saat ini +9 meter di atas permukaan laut sedangkan posisi rumah warga +7, kita kejar + 8,7. Jadi kita tambah 1,5 meter tingginya," kata dia.

Proyek penambahan ketinggian tanggul ini merupakan program multiyears. Saat ini sedang masuk tahap lelang dan ditargetkan segera dikerjakan tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini