Sukses

Cerita Samuel Tulung Tangkap Pelaku Ledakan di Samarinda

Ledakan terjadi di parkiran Gereja Oikumene Samarinda saat jemaah usai ibadah Minggu pagi kemarin.

Liputan6.com, Samarinda - Sebuah ledakan terjadi di parkiran Gereja Oikumene Samarinda saat jemaah usai ibadah Minggu pagi kemarin. Pelaku yang diketahui berinisial J kemudian kabur dan loncak ke Sungai Mahakam sebelum akhirnya ditangkap warga.

Samuel Tulung, warga Samarinda yang menangkap pelaku menyatakan, saat itu dia sedang membawa mobil hendak berjualan di Sumalindo. Tiba-tiba orang ramai dan ada kepulan asap dari Gereja Oikumene.

"Saya bertanya ada apa? Warga menjawab ada bom dan kebakaran dan menunjuk pria berambut panjang lari menuju Dermaga Sumalindo," ujar Samuel Tulung, Samarinda, Minggu 13 November 2016.

Tanpa berpikir panjang,  Samuel langsung memacu mobilnya, mengejar laki-laki itu.

Namun, saat sampai di tepi Sungai Mahakam, terduga pelaku yang mengenakan kaus berwarna hitam dan celana model kargo berwarna coklat itu, tiba-tiba menghilang.

"Saat saya tiba di dekat dermaga, orang itu tidak kelihatan dan ternyata dia nyebur ke Sungai Mahakam. Saya sempat lihat kepalanya timbul-tenggelam lalu saya melihat ada perahu. Kemudian saya minta pemiliknya agar mengejar pelaku. Awalnya, pemilik perahu tidak mau, tetapi saya katakan akan bertanggung jawab jika terjadi apa-apa," ucap Tulung seperti dikutip dari Antara.

Memakai perahu itulah lalu dia bisa menangkap terduga pelaku dan membawa ke atas perahu pengangkut pasir.

"Orang itu sempat menarik kaki saya kemudian saya hajar telinganya sehingga ia melepaskan pegangannya. Saya langsung seret dia ke atas perahu dan ikat, kemudian saya serahkan ke polisi yang ada di Dermaga Sumalindo," tutur Tulung.

Sementara, pendeta Gereja Oikumene, Samion (53), yang juga sempat mengejar terduga pelaku mengatakan, saat itu dia tengah berada di depan gereja dan mendengar ledakan keras disusul semburan api yang menyambar hingga atap gereja.

"Kebetulan, rumah saya berada di depan gereja yang jaraknya sekitar 15 meter. Saat itu, saya mendengar ada ledakan disertai semburan api hingga ke atap gereja dan tak lama saya melihat orang berambut panjang, lari ke aras sungai. Saya kemudian mengejar bersama warga namun orang itu langsung terjun ke sungai," kata Samion.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun hingga Minggu petang, terduga pelaku berinisial J alias MAK berusia 32 tahun tersebut tinggal di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Sengkotek, Kecamatan Samarinda Seberang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.