Sukses

Tol Cikampek Tergenang, Jasamarga Berlakukan Contraflow

Hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya siang hingga sore tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya siang hingga sore tadi. Akibatnya sejumlah ruas jalan tergenang dengan ketinggian beragam antara 10-50 centimeter.

Tidak hanya itu, genangan juga menerjang jalan Tol Cikampek. Genangan air terlihat mulai dari KM 44 hingga 38 Tol Cikampek arah Jakarta.

"Banjir parah ditoll Cikampek-Jakarta tepatnya di dekat danau tegal danas Cikarang," tulis pemilik akun Twitter @Thevina_Media, Minggu (13/11/2016) pukul 17.30 WIB.

Cuitan serupa juga dikemukakan Danu Siswanto dia akun ‏@ranger_ind 21, "km 35 arah jakarta hujan deras sekali jarak pandang cukup berkabut,"

Genangan yang terjadi di Tol Cikampek membuat pihak Jasamarga akan memberlakukan contraflow di kawasan tersebut.

"Tol Cikampek-Jakarta macet mulai dari KM 44 hingga KM 38, akan diberlakukan contraflow," kata  Humas Jasamarga Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto seperti dikutip dari akun Twitter Radio Elshinta.

Keluar Tol Karawang

Akibat banjir tersebut, arus lalu lintas tol dari arah Bandung ke Jakarta menjadi terganggu. Kendaraan hanya dapat melintas di satu lajur jalan dari empat lajur yang tersedia.

"Kita lakukan rekayasa dan public address agar kendaraan keluar tol Karawang Timur dan Karawang Barat untuk mengikuti jalur arteri," ucap Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, melalui pesan singkatnya, Minggu (13/11/2016).

Yusri mengatakan, untuk memperlancar arus lalu lintas, pihak kepolisian menyedot air yang meluap di lokasi. Pihaknya pun memberlakukan contra flow di di KM 41 menuju Cikarang.

"Perkembangan kemacetan tol Cikampek menuju Jakarta pada KM 39 Kabupaten Bekasi, selain itu jajaran lakukan contra flow di KM 41 menuju gate tol Cikarang utama dan pengurangan beban jumlah volume kendaraan melalui gate Tol Karawang Timur dan Barat," jelas Yusri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.