Sukses

Nasdem: Demokrasi Beri Tempat Keluarkan Pendapat

Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan, negara menjamin kebebasan bere‎kspresi bagi masyarakatnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan, negara menjamin kebebasan bere‎kspresi bagi masyarakatnya. Sebab dalam demokrasi memang disediakan tempat untuk masyarakat menyampaikan pendapat dan pikirannya.

"Kita punya hak mengeluarkan pendapat dan pikiran kita yang kita anggap patut, kita anggap salah, kita anggap benar. Memang demokrasi memberikan tempat dan ruang untuk itu," ucap Paloh dalam HUT ke-5 Partai Nasdem di kantornya, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2016).

Kata Paloh, demokrasi akan memberi manfaat dan faedah bagi semuanya. Dengan catatan, ada kesadaran penuh bagi semua pihak untuk menjalankan demokrasi di waktu-waktu selanjutnya.

Maksudnya, demokrasi harus dijalankan dengan memberi keseimbangan. Keseimbangan antara hak-hak setiap warga negara dan menyertakan kewajiban-kewajibannya.

"Kesadaran yang penuh bukan yang setengah-setengah. Karena demokrasi akan tumbuh hebat," ucap Paloh.

Pemilik Media Group ini menambahkan, Indonesia sudah sejak dari dulu memiliki ideologi yang berlandaskan Pancasila. Pancasila yang diletakkan para pemimpin bangsa, menjadi akhlak pemersatu bangsa.

"Pancasila merupakan kekuatan kita, kekuatan akhlak pemersatu bangsa. Dengan sistem dan tata nilai ideologis di dalamnya, Pancasila tak ada duanya," ucap Paloh.

Tak cuma itu, Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam‎ bangsa dan budaya, Pancasila menjadi sebuah jaminan. Jaminan untuk semangat pluralisme yang berpuluh-puluh tahun sudah ada di Tanah Air.

"Pancasila menjamin semangat pluralisme di Indonesia. Pancasila merupakan alat pemersatu yang tak bisa dibandingkan dengan apapun," ucap Paloh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini