Sukses

Top 3: Jokowi Minta Masyarakat Tak Demo Lagi

Kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan Ahok terus diproses kepolisian. Jokowi meminta masyarakat agar tidak kembali berunjuk rasa.

Liputan6.com, Jakarta Aksi unjuk rasa menuntut proses hukum terhadap Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok belum selesai. Setelah demo 4 November, aksi serupa kabarnya akan digelar kembali pada 25 November.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi punya harapan sendiri soal rencana aksi lanjutan 25 November. Jokowi ingin tidak ada lagi aksi lanjutan seperti yang beredar beberapa hari ini.

Kabar itu menjadi informasi paling dicari pembaca Liputan6.com. Selain itu, kabar lainnya yang masuk dalam tiga besar berita terpopuler adalah soal alasan anggota DPR Jumiart Girsang mendampingi Ahok diperiksa di Mabes Polri.

Berikut ini ulasan ketiga berita tersebut, yang dihimpun Liputan6.com, Sabtu (12/11/2016):

1. Alasan Junimart Girsang Dampingi Ahok di Mabes Polri

Pemerintah Daerah berencana menertibkan atau membersihkan kerambah - kerambah milik petani demi pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Junimart Girsang angkat bicara soal pelaporan dirinya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Dia dilaporkan terkait kehadirannya mendampingi Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat diperiksa atas dugaan penistaan agama di Mabes Polri pada Senin 7 November 2016.

Ia menjelaskan kedatangannya ke Mabes Polri kala itu merupakan perintah dari partainya, PDIP, yang menjadi pengusung mantan Bupati Belitung Timur itu. Dia pun meminta semua pihak untuk tidak melakukan pelaporan tanpa memiliki dasar hukum yang jelas.

"Kita jangan terlalu membabi buta melaporkan seseorang tanpa dasar hukum yang jelas. Kedatangan kami ke Mabes perintah partai dan permintaan dari Ahok sendiri. Kita ditelepon pada Minggu pukul 17.00 WIB," ungkap Junimart di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Selengkapnya baca di sini...

2. Harapan dan Ultimatum Keluarga Nasrudin untuk Antasari Azhar

Jaksa, mantan Ketua KPK yang kemudian terjerat kasus hukum yang kontroversial.

Satu kata yang dilantangkan Antasari Azhar usai keluar dari Lapas Klas I Tangerang, Banten, "Merdeka... Merdeka... Merdeka." Pekikan merdeka itu lantas disambutkan para sahabat dan pendukungnya dengan kata yang sama, "Merdeka."

Antasari Azhar divonis 18 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Februari 2010, dalam kasus pembunuhan Direktur PT Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen pada 2009. Pada Hari Pahlawan 10 November 2016 kemarin, ia bebas bersyarat.

Antasari telah menjalani hukuman 7 tahun 6 bulan. Pada 2010, Antasari mendapat remisi 4 tahun 6 bulan.

"Jadi jika dijumlah 12 tahun. Dua pertiga dari delapan tahun," tutur Antasari yang mengenakan kemeja merah, jaket hitam, dan peci hitam.

Selengkapnya baca di sini...

3. Ahok Sudah Diproses Hukum, Jokowi Minta Tak Ada Demo Lagi

Presiden Joko Widodo memberi keterangan usai pertemuan tertutup di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jakarta, (8/11). Kunjungan  Jokowi ke PP Muhammadiyah dalam rangka melakukan konsolidasi atau dialog dengan ormas Islam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk tidak melakukan unjuk rasa lagi terkait tuntutan penuntasan hukum Gubernur nonaktif Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sebab saat ini proses hukum itu sudah berjalan di kepolisian.

"Kita mengharapkan agar sudah tidak ada demo-demo lagi," kata Jokowi usai memberikan pengarahan di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (11/11/2016).

Harapan Jokowi ini bukan tanpa alasan. Dia ingin masyarakat percaya pada proses hukum yang sedang berjalan sehingga tidak perlu lagi ada aksi.

Selengkapnya baca di sini...

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Top 3 News