Sukses

Penjelasan Istana soal Demo 4 November Ditunggangi Aktor Politik

Terkait aktor politik ini, beberapa ulama sempat menanyakan langsung kepada saat pertemuan siang tadi di Istana Negara

Liputan6.com, Jakarta - Usai aksi 4 November, Presiden Jokowi menyebut ada aktor politik yang memanfaatkan aksi itu. Demo yang awalnya berlangsung damai, menjadi ricuh setelah isya.

Terkait aktor politik ini, beberapa ulama sempat menanyakan langsung kepada saat pertemuan yang berlangsung siang tadi di Istana Negara. Presiden pun menjelaskan maksud dari pernyataan soal aktor politik ini.

"Yang dimaksud Presiden begini, bukan demo itu kemudian digerakkan oleh aktor politik, bukan. Demo itu murni meminta penegakan hukum dilakukan secara adil," kata Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Jokowi meyakini aksi 4 November merupakan murni aksi untuk mengungkapkan aspirasi guna menegakkan hukum yang seadil-adilnya. Bahkan, Jokowi selalu menyebutkan sampai magrib aksi berlangsung damai.

"Nah itu kemudian ada yang memanfaatkan itu. Siapa yang manfaatkan, presiden kemarin menyebut ada aktor politik. Tentu Presiden tidak asal bicara, tentu sudah dapat masukan dari pembantunya bahwa ada yang mencoba," lanjut Johan.

Terlepas dari itu semua, Johan menyebut aksi 4 November merupakan aksi damai yang ditujukan oleh warga, meskipun dinodai orang yang tidak bertanggung jawab.

"Kalau saya lihat tanggal 4 November itu dengan kekuatan massa yang sangat besar termasuk unjuk rasa yang damai menurut saya," pungkas Johan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November