Sukses

Naik Tipe A, Polda Riau Tambah Ribuan Personel

Kapolda berharap peningkatan tipe Polda dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi menaikkan tipe Polda Riau yang semula tipe B dan dijabat jenderal bintang satu (Brigadir Jenderal), kini dijabat jenderal bintang dua (Inspektur Jenderal) atau tipe A.

Peresmian kenaikan tingkat Polda Riau ini selanjutnya akan dilakukan oleh Wakapolri Komjen Syafruddin, Sabtu 12 November 2016 mendatang.

Kapolda Riau Brigjen Zulkarnain mengatakan, sejalan dengan kenaikan status Polda tersebut, pihaknya mengusulkan penambahan sekitar 3 hingga 5 ribu personel kepolisian.

Hal ini guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Idealnya, kata mantan Kapolda Maluku Utara ini, satu polisi di Riau melayani 400 warga.

"Saat ini, 1 polisi di Riau melayani sekitar 650 warga. Sesuai aturan PBB, 1 polisi seharusnya melayani 400 warga. Dan personel di Polda saat ini sekitar 10 ribu lebih dan ditambah lagi sekitar 3 ribu hingga 5 ribu lagi. Itu sudah diusulkan," ujar Zulkarnain di Mapolda Riau, Kamis (10/11/2016).

Jumlah yang diusulkan itu juga sejalan dengan upaya penguatan pengawasan perairan perbatasan Riau dan Malaysia, serta Singapura.

"Intinya penguatan Direktorat Polisi Air. Kapal patroli ditambah sehingga pengawasan air lebih maksimal," Zulkarnain menjelaskan.

Penguatan di perairan dirasa penting karena pebatasan guna menangkal transnasional crime, mulai dari penyelundupan barang kebutuhan sehari-hari sampai narkoba.

"Nanti diperkuat lagi di Meranti dan Satuan Polisi Air di seluruh kabupaten yang ada di perbatasan," kata mantan Karowasidik Bareskrim Polri ini.

Selain itu, sebagai langkah awal kenaikan tingkat Polda, Brigjen Zulkarnain menggelar prosesi cuci Pataka Tuah Sakti Ha‎mba Negeri. Kegiatan ini sekaligus peringatan Hari Pahlawan 10 November.

"Kegiatan hari ini sebagai prosesi awal naik tipe A dan syukuran bersama purnawirawan Polda Riau yang sudah berjuang meningkatkan tipe Polda Riau," kata Zulkarnain.

Dia berharap dengan naiknya tingkatnya Polda juga dibarengi dengan perubahan mental dalam melayani masyarakat. Dia memperingatkan anggotanya tidak ada lagi pungutan liar dan pemotongan hak anggota. Dia juga meminta jangan sampai ada lagi keluhan dari masyarakat setelah kenaikan tipe ini.

"Jangan sampai ada obrolan masyarakat, 'katanya naik tipe A, tapi tidak ada perubahan," tegas Zulkarnain.

Selain itu, Zulkarnain berencana memindahkan Mapolda Riau di Jalan Jenderal Sudirman ke Sekolah Kepolisian Negara (SPN) di Jalan Pattimura. Pemindahan dilakukan karena Mapolda yang saat ini tidak memadai lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.