Sukses

Makna Pahlawan Era Sekarang Menurut Ketua DPR

Ketua DPR Ade Komarudin mengaskan pahlawan sekarang ini bermakna luas.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Ade Komarudin rupanya punya makna sendiri, dalam memperingati Hari Pahlawan. Menurut dia, arti pahlawan pada zaman sekarang ini haruslah diperluas.

"Pahlawan dalam artian zaman ini harus diperluas, tidak lagi seperti zaman lalu dalam melakukan penjajahan. Tapi sekarang adalah perjuangan melawan penjajahan di bidang lain, terutama saat menghadapi globalisasi," ujar Ade di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Pahlawan, kata Ade, adalah mereka yang berjuang membangun bangsa Indonesia di berbagai sektor secara sukarela. Juga mereka yang berjuang secara sukarela memberi napas kehidupan bagi masyarakat di seluruh penjuru negeri.

"Pahlawan baru di bidang masing-masing, ada pahlawan di bidang pertanian, kehutanan, lingkungan hidup, dan pendidikan. Bahkan yang pendidikan ini adalah seorang sukarelawan yang mengajar nun jauh di sana di pelosok Papua," kata dia.

"Dia berbagi ilmunya, berbagi kepada masyarakat Papua di sana. Dia seorang ibu dari Magelang, dia mendidik secara sukarela dan tidak dapat salary dari mereka," sambung Ade.

Politikus Partai Golkar itu mengaskan, pahlawan sekarang ini bermakna luas. Sebab ada perubahan makna dari era sebelumnya.

"Pahlawan kita sekarang berbeda dan mengalami perluasan terminologi, mengalami pelebaran pengertian di suasana penuh perdamaian seperti saat ini," pungkas Ade Komarudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.