Sukses

Wantim MUI Minta Jokowi Bijaksana Sikapi Demo 4 November

Wakil Ketua Wantim MUI Didin Hafidhuddin menyesalkan pernyataan Presiden Jokowi terkait adanya aktor politik yang menunggangi aksi demo 4 No

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) Didin Hafidhuddin menyesalkan pernyataan Presiden Jokowi terkait adanya aktor politik yang menunggangi aksi demo 4 November. Apalagi pernyataan itu dilontarkan dua kali, sebelum dan sesudah aksi unjuk rasa.

"Saya sangat menyesalkan pernyataan presiden, harusnya presiden jangan gitu lah. Sudah tidak menemui kami para pendemo, malamnya malah membuat pernyataan yang menyudutkan," ujar Didin usai pertemuan di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu 9 November 2016.

Didin mengungkapkan, belum hilang kekecewaan massa lantaran gagal menemui langsung Jokowi, orang nomor satu di Indonesia itu malah menuding aksi dimotori oleh satu pihak yang berkepentingan. Padahal aksi tersebut tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik praktis.

"Apapun kami tersinggung ya sebagai masyarakat yang berniat menyampaikan aspirasi dengan baik, secara terbuka, transparan, dan penuh kedamaian. Tapi tiba-tiba dituduh bahwa gerakan ini ada aktornya," papar dia.

Mantan Ketua Baznas meminta agar Jokowi menyikapi aksi damai ini dengan arif dan bijaksana, bukan justru memunculkan isu lain. Ia juga meminta agar pemerintah fokus pada tuntutan rakyat, yakni mengusut tuntas kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

"Sekarang jangan main tuduh lah, masyarakat ssudah ngerti, buktikan aja, siapa sebutkan, parpol mana, oknumnya siapa yang menunggangi kegiatan-kegiatan yang sangat masif ini," pungkas Didin.

Cari Penyebabnya

Ketua Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin  memberikan keterangan pers usai Rapat Pleno II Dewan Pertimbangan MUI di Gedung MUI, Jakarta, (25/11). Rapat itu membahas gerakan bela negara dalam prespektif Islam Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) meminta agar pemerintah fokus pada akar permasalahan terkait kasus demo 4 November lalu.

"Ini masalah besar, bukan masalah kecil, dan sumbunya ini adalah Basuki Tjahaja Purnama," ujar Ketua Wantim MUI Din Syamsuddin, di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu.

Din menjelaskan, akar permasalahan pada demo ini adalah pernyataan Ahok terkait Surat Al Maidah ayat 51 yang dianggap menistakan agama. Karena itu, permasalahan tidak akan merembet jika penegakan hukum kasus Ahok ini diusut secara adil dan transparan.

"Kalau masalah ini teralihkan dengan beragam reaksi, dan kita berkutat pada akibat, penyebabnya tidak, ini yang akan menimbulkan pro-kontra di masyarakat," ucap dia.

Karenanya, mantan Ketum PP Muhammadiyah ini meminta agar penegakan hukum dilakukan seadil-adilnya.

"Kami meminta agar penegakan hukum secara berkeadilan, tepat, transparan, dan punya rasa berkeadilan terhadap masyarakat," jelas Din

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Wantim MUI

Video Terkini