Sukses

VIDEO: Sejumlah Organisasi Laporkan Fahri Hamzah ke Polisi

Diaspora Flobamora, Solidaritas Merah Putih dan Relawan Cinta Ahok laporkan Fahri Hamzah terkait orasi 4 November.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga organisasi kemasyarakatan melaporkan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ke Polda Metro Jaya atas tuduhan penghinaan terhadap presiden dan dugaan penghasutan massa pada aksi damai 4 November lalu. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (9/11/2016), tiga ormas yang terdiri dari Diaspora Flobamora, Solidaritas Merah Putih, dan Relawan Cinta Ahok melaporkan Fahri Hamzah ke Polda Metro Jaya. 

Pelapor membawa video berisi rekaman orasi Fahri Hamzah atas dugaan penghinaan ke Presiden Joko Widodo. Selain itu, Fahri juga dianggap sebagai provokator kericuhan pada aksi damai 4 November lalu.

Sementara itu, Barisan Relawan Jalan Perubahan (Bara JP) juga melaporkan Fahri Hamzah ke Bareskrim atas tuduhan yang sama. 

"Akibat dari provokasi saudara Fahri Hamzah, banyak teriakan yang kita lihat untuk menyerukan turunkan presiden Jokowi. Akibatnya adalah massa yang seharusnya pukul 18.00 WIB membubarkan diri sesuai undang-undang, tetap bertahan hingga sampai dini hari. Bahkan berkeinginan untuk menduduki gedung MPR/DPR," ujar Anggota Bara JP Birgaldo Sinaga.

"Di sana Fahri Hamzah memberikan jalan untuk memberi pintu gerbang MPR/DPR terbuka," sambung dia. 

Pada 4 November 2016 lalu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengikuti aksi demonstrasi di depan Istana Negara. Fahri Hamzah berada di atas mobil komando bersama pimpinan FPI Rizieq Shihab. Keikutsertaan Fahri ini menjadi polemik dan berujung pada laporan ke polisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.