Sukses

Menteri Susi Keluhkan Kapal Pencuri Ikan China di Sidang Interpol

Susi mengaku telah berbicara dengan pihak Kementerian Keamanan Tiongkok untuk melakukan kerjasama pemberantasan pelaku pencurian ikan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengeluhkan banyaknya kapal berbendera Tiongkok yang kerap mencuri ikan di perairan Indonesia. Hal ini ia sampaikan ketika menjadi pembicara dalam Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali.

"Kami juga tadi mengeluh karena banyak yang bandel-bandel. Yang (kapal) besar-besar dari negeri Tiongkok," ujar Susi saat memberikan keterangan persnya di Sidang Umum Interpol, Nusa Dua Bali Convention Center, Rabu (9/11/2016).

Untuk itu, Susi mengaku telah berbicara dengan pihak Kementerian Keamanan Tiongkok untuk bekerjasama memberantas pelaku pencurian ikan.

Susi menilai, para pelaku sebenarnya bukan mewakili negara mereka. Melainkan ada unsur keterpaksaan mencuri ikan di perairan Indonesia. Sebab, menurut dia, hasil tangkapan ikan di sekitar Laut Cina Selatan sudah mulai menipis.

"Jadi kita bekerjasama untuk memastikan kejahatan ini enggak boleh ada di negara-negara. Tanpa bantuan dari Tiongkok, kita hampir mustahil memerangi kejahatan di laut kita," Susi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini