Sukses

Jokowi: 3 Hal Ini yang Membuat Indonesia Jadi Rebutan Dunia

3 hal itulah yang akan menjadi fokus pemerintah dan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengungkap 3 hal yang membuat Indonesia menjadi rebutan dunia. Sehingga 3 hal itulah yang akan menjadi fokus pemerintah dan masyarakat.

Ketiga bidang itu adalah energi, pangan, dan air. Hal itu dia katakan saat memberi pengarahan kepada peserta Munas VII Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

"Energi kita punya semua, minyak, gas, meskipun sekarang kita karena pengelolaan yang tidak baik kita sekarang justru menjadi net importir minyak, tetapi selain minyak kita memiliki sumber-sumber gas yang banyak, energi terbarukan yang belum tergarap," jelas Jokowi di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Untuk pangan, kata Jokowi, Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Segala potensi dan kebutuhan pangan tersedia. Hanya saja, pengelolaan belum maksimal sehingga impor masih dilakukan.

Jokowi juga meminta Menteri Pertanian untuk meningkatkan produksi dalam negeri. Sebab, masalah utamanya adalah enggannya petani menanam dan rendahnya harga jual.

Sementara, potensi air di Indonesia juga harus diperhatikan. Dengan sepertiga wilayah laut, Indonesia harus berpikir keras mengelola semua potensi dengan baik.

"Orang juga akan berebutan air semakin panas. Air sebetulnya ada tetapi belum dikelola secara baik dalam rangka mempersiapkan persaingan masa depan. Energi dari air, angin, dari ombak karena 70 persen Indonesia adalah air adalah samudera, adalah laut," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini