Sukses

VIDEO: Polisi Tangkap 5 Terduga Provokator Ricuh Demo 4 November

Lima orang dengan inisial II, AH, RR, MRD dan RM yang diduga anggota HMI tersebut terlibat dalam penyerangan terhadap anggota polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Pascapenangkapan Sekjen Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ami Jaya, Sekretariat Pengurus Besar HMI di Jalan Sultan Agung, Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa pagi, nampak sepi dan tertutup.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (8/11/2016), penangkapan dilakukan sekitar 30 anggota polisi dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya Senin 7 November malam. Sejumlah anggota HMI juga sempat mencoba mencegah penangkapan. 

"Kita sih berharapnya permasalahan ini tidak berlarut panjang. Mudah-mudahan cepet clear lah ya. Dan memang HMI tidak kaitannya dengan aksi kerusuhan pada saat itu," kata Ketua Bidang Keorganisasian HMI Hari Azwar.

Sementara Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan, polisi telah menangkap lima orang yang diduga menjadi provokator. Sehingga demo 4 November yang semula berlangsung damai berakhir ricuh.

Lima orang dengan inisial II, AH, RR, MRD dan RM yang diduga anggota HMI tersebut terlibat dalam penyerangan terhadap anggota polisi.

"Karena di foto-foto mereka ada yang melakukan penyerangan pada petugas. Nanti kita kembangkan apakah ada kaitan dengan tokoh-tokoh yang mungkin menyuruh mereka untuk melakukan kekerasan itu," tutur Tito Karnavian.

Polisi kini tengah melakukan gelar perkara kasus kelima terduga anggota HMI tersebut. Apakah akan ditingkatkan menjadi penyidikan dan menetapkan tersangka atau tidak, terkait kerusuhan di Monas dalam aksi 4 November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.