Sukses

Menhan Acungkan Jempol Aparat Mampu Tangani Demo 4 November

Menurut Menhan, dengan jumlah massa yang diperkirakan ribuan orang, berbagai kemungkinan bisa terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengaku pemerintah telah mengamankan demo 4 November secara optimal. Meski sempat terjadi kericuhan setelah unjuk rasa berakhir.

"Dengan jumlah sebanyak itu, kejadian yang seperti itu, patut kita acungkan jempol kepada aparat mampu menanganinya," kata Ryamizard usai live demo kendaraan taktis di arena Indo Defence, Jakarta, Sabtu (5/11/2016) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, dengan jumlah massa yang diperkirakan ribuan orang, berbagai kemungkinan bisa terjadi. Dia mencontohkan rusuh di Mina yang banyak memakan korban jiwa. Sedikit saja gerakan provokatif dapat memicu kericuhan dalam kondisi seperti itu.

Demo 4 November melumpuhkan kawasan sekitar Monas, Jakarta Pusat. Awalnya, aksi berjalan tertib dan damai. Namun kericuhan pecah pukul 19.00 WIB. Sejumlah demonstran dan polisi luka-luka. Kendaraan polisi pun dibakar massa.

"Peserta unjuk rasa yang terdaftar dan kita tahu jumlahnya itu tidak ada masalah. Ini kan tidak terdaftar, menyelinap berarti," ujar Ryamizard.

Ryamizard memastikan akan mengevaluasi, melacak, dan mencari penyebab kerusuhan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini