Sukses

Beredar Pertanyaan soal Dana Demo 4 November, Ini Kata PPATK

Kepala PPATK mengaku belum tahu-menahu soal dana demo 4 November.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah riuhnya suara orasi dan yel-yel puluhan ribu pengunjuk rasa yang berasal dari berbagai ormas keagamaan, beredar pertanyaan dari banyak pihak soal asal dana aksi demo 4 November ini.

Terkait hal ini, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Badaruddin mengaku belum tahu-menahu soal dana demo 4 November. Sebab, hingga saat ini dia belum mendapat laporan.

"Biasanya yang dilakukan oleh PPATK itu berdasarkan laporan. Itu harus ada permintaan dari lembaga yang resmi menangani itu," jawab Kiagus Badaruddin di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Pria yang akrab disapa Badar ini kemudian menjelaskan, PPATK siap menelusuri bila memang ada permintaan untuk menelisik asal usul dana demo 4 November.

"Saya belum cek apakah ada permintaan. Belum ada laporan menelusuri aliran dana demo tersebut," jelas Badar.

Demonstrasi besar-besaran hari ini digelar untuk menuntut kepolisian memproses hukum dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok saat berbicara dengan warga di Kepulauan Seribu mengutip ayat suci Alquran. Video pernyataan Ahok itu kemudian dipotong, sehingga menimbulkan arti yang berbeda, lalu disebarluaskan di media sosial. Alhasil Ahok dituduh menistakan agama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini