Sukses

Pasukan Berkuda Siaga, Jalan Medan Merdeka Utara-Barat Ditutup

Ruas jalan di depan Mahkamah Konstitusi (MK) ini disterilkan dari pengendara umum.

Liputan6.com, Jakarta - Aparat kepolisian telah menutup beberapa ruas jalan jelang pelaksanaan aksi demo besar-besaran di Ibu Kota. Polisi telah menutup akses Jalan Medan Merdeka Utara atau depan Istana Merdeka dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (4/11/2016), massa dari berbagai titik tengah bergerak menuju Masjid Istiqlal sebagai tempat awal berkumpul. Kendati, sebagian massa terpantau berada di sekitaran Monas.

Sementara ruas jalan depan Istana telah disterilkan dari pengendara umum. Terlihat ribuan pasukan gabungan sudah berjaga-jaga di sepanjang Jalan Medan Merdeka Utara ini.

Security barrier atau kawat berduri sudah mulai dipasang. Beberapa pasukan kuda juga sudah mulai bersiaga di sekitar lokasi.

Kondisi yang sama juga terlihat di Jalan Medan Merdeka Barat. Ruas jalan di depan Mahkamah Konstitusi (MK) ini disterilkan dari pengendara umum.

Pengendara yang hendak melintas menuju arah Harmoni dialihkan dari arah MH Thamrin melewati Jalan Budi Kemuliaan menuju Tanah Abang dan Harmoni.

Sementara dari arah Harmoni terpaksa dibelokkan menuju arah Jalan Veteran hingga Stasiun Gambir. Hanya kendaraan milik aparat dan media massa saja yang boleh melintas.

Sementara, bus Transjakarta dari arah Harmoni menuju Blok M atau sebaliknya, dialihkan rutenya melewati Jalan Veteran Raya.

Monas Juga Ditutup

Pemandangan berbeda justru terlihat di area Monumen Nasional (Monas). Jika biasanya massa demonstran memadati area Monas, hari ini ikon Jakarta itu terlihat sepi. Hanya terlihat ratusan kendaraan petugas gabungan yang mengamankan demo.

"Perhatian, hari ini kawasan Monas ditutup untuk umum. Bagi warga yang masih berada di area Monas, diimbau segera keluar," ujar petugas Monas melalui pengeras suara.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, beberapa petugas menjaga tiap-tiap pintu masuk kawasan Monas. Mereka hanya mengizinkan petugas keamanan dan awak media yang masuk.

Sementara petugas lainnya melakukan patroli untuk menyisir warga yang masih berada di dalam area Monas. Mereka kemudian mengangkut warga menggunakan mobil patroli dan mengantarkannya ke luar area Monas.

Sementara itu, beberapa ruas jalan di sekitar Monas sudah mulai ditutup. Setidaknya sudah ada dua ruas jalan yang ditutup untuk umum, yakni Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini