Sukses

Kapolda Tagih Janji Rizieq Shihab soal Aksi Damai 4 November

5 kompi Brimob akan jadi pagar betis sambil membacakan 99 Asmaul Huzna.

Liputan6.com, Jakarta Ribuan orang akan turun ke jalan terkait demonstrasi 4 November. Rizieq Shihab, Pimpinan organisasi masyarakat Front Pembela Islam menjanjikan aksi yang digalangnya akan berjalan damai. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal M Iriawan tegaskan akan menagih janji tersebut.

"Saya akan tagih janjinya Habib Rizieq yang cuma akan berdemonstrasi, berorasi, dan menyerahkan petisi ke Presiden, dan mereka bubar. Saya tagih janjinya, saya nagih janjinya, saya tagih janjinya," kata Iriawan dengan nada tegas di Silang Monas Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Menurut Iriawan, nantinya akan ada 25 perwakilan dari demonstran yang akan diterima oleh Istana terkait dengan tuntutan yang disuarakan.

"Siapa saja yang akan diterima, saya tidak tahu," kata mantan Kadiv Propam Polri ini.

Tugas kepolisian, jelas dia, menjaga di luar Istana Merdeka. Sementara pengamanan di dalam Istana adalah kewenangan Paspampres.

Untuk pengamanan luar, tutur dia, skenario yang dibuat adalah dengan menempatkan 5 kompi Brimob bersorban. Korps polisi berlambang alap-alap ini nantinya akan membacakan Asmaul Huzna atau 99 sifat Allah.

"Pertama kali dia akan membaca Asmaul Huzna, mereka disebar ke dalam pasukan. Ini pernah kami coba di Jatim 3 tahun lalu, di Jabar juga," ujar Iriawan.

Polisi juga menerjunkan Polwan berhijab. Mereka nantinya difungsikan sebagai negosiator kepada para demonstran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.