Sukses

Demo 4 November, JK Ajak Masyarakat Berdoa Bersama Usai Jumatan

JK mengatakan, waktu demo yang bertepatan dengan Jumat harusnya diresapi secara positif oleh para pengunjuk rasa.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi unjuk rasa besar-besaran pada Jumat 4 November 2016 mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Tidak terkecuali Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menilai, demonstrasi di Indonesia merupakan hal yang lumrah. Aksi serupa bahkan terjadi hampir setiap hari di Jakarta, yang berbeda hanya jumlah dan tema aksi yang dibawakan oleh massa.

Waktu unjuk rasa yang bertepatan dengan hari Jumat juga harusnya diresapi secara positif oleh para pengunjuk rasa. Hari Jumat khususnya bagi umat Islam dianggap sebagai hari yang mulia, hari baik untuk melaksanakan segala sesuatu yang positif.

"Saya yakin betul karena ini akan dilaksanakan hari Jumat, hari yang mulia, pasti masyarakat yang berdemo harus memaklumi hari Jumat ini hari beribadah, jangan berbuat sebaliknya dari beribadah. Kita harapkan itu. Soal menyampaikan sikap, ya pemerintah pasti mendengarkan, asal hari Jumat yang suci ini dihormatilah sebagai hari beribadah," kata pria yang kerap disapa JK itu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Karena itu, JK mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdoa bersama demi keamanan dan kesatuan bangsa. Doa tak harus dilakukan bersamaan di satu tempat. Warga bisa berdoa di tempat ibadah masing-masing.

"Bagaimana kita tetap Jumatan (salat Jumat) di sini (di Istana), masyarakat Jumatan di masjid lain juga, setelah Jumatan kita berdoalah," ajak JK.

Sementara, terkait tuntutan proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, JK menjamin pemerintah mendengar aspirasi itu. Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga memastikan pihaknya sudah melaksanakan pemeriksaan terhadap beberapa pihak terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

"Jadi, bagi Presiden dan saya, ya dijalankan saja demokrasi yang baik, yang bersahabat, yang kalem. Mau sebanyak apa pun semua masyarakat kita, kita mau ngapain. Tinggal kita hormati, sama-sama Jumatan yang baik walaupun berbeda-beda tempat, berdoa yang baik. Insya Allah aman," pungkas JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.

    Demo 4 November

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK