Sukses

PAN Nilai Pernyataan SBY soal Ahok Bertujuan Baik

Lagipula, kata Taufik, pernyataan SBY sebagai saran untuk meredam agar pada aksi 4 November tidak memancing keributan.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Taufik Kurniawan menilai pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait proses hukum Ahok harus terus berlanjut pasti memiliki tujuan yang positif.

Sebab, menurutnya, SBY merupakan Presiden ke-6 RI yang tentu ingin menjaga perdamaian nasional. "Menurut saya Pak SBY, Bu Mega juga Pak Habibie beliau kan mantan-mantan presiden kita, jadi setiap kali apa yang disampaikan tentunya pastilah memiliki tujuan yang baik. Tujuan yang sama-sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan," kata Taufik di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Ia mengatakan, segala bentuk pernyataan dari figur yang pernah menjadi Presiden RI haruslah dihormati. Apalagi, SBY ini terpilih dari 250 juta penduduk secara langsung. Termasuk juga, Presiden Jokowi.

Lagipula, kata Taufik, pernyataan SBY sebagai saran untuk meredam agar aksi 4 November tidak memancing keributan.

"Kalau ada yang menyatakan itu menurut saya tujuannya baik, agar jangan sampai kejadian-kejadian yang lalu terlalu represif. Ini preventifnya harus dilakukan, komunikasi disampaikan. Walaupun bermaksud tidak untuk melarang orang berdemo," jelas Taufik.

Wakil Ketua DPR ini menambahkan, hak menyatakan pendapat dengan aksi unjuk rasa diperbolehkan dalam dunia demokrasi, termasuk Indonesia. Asalkan, tidak membuat huru-hara dan merusak.

"Kalau sekarang demo dilarang, lucu. Undang-undangnya boleh kok. Asalkan itu tertib dan damai dan tidak menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tandas Taufik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini