Sukses

Sekarang Saatnya Ciptakan Duniamu Sendiri

Jika kita tidak mampu membeli rumah, maka bangunlah sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Jika kita tidak mampu membeli rumah, maka bangunlah sendiri. Jika kita tidak mampu membangun sendiri, maka ajaklah orang yang bervisi sama dengan kita. Perumpamaan ini diungkapkan oleh Mande Austriono, arsitek muda penuh prestasi.

Di usianya yang masih terbilang muda, Mande sudah membuka peluang untuk kelas menengah yang ingin memiliki rumah idaman dengan biaya terjangkau. Apalagi, biasanya kelas menengah sering terhambat memiliki rumah sendiri lantaran harga properti yang tak pernah mengenal kata “turun”.

“Aku merasa di jaman sekarang, banyak orang yang semakin sulit untuk membangun rumah idamannya karena biayanya terlalu mahal,” ujar Mande. 

Perasaan ini bukan hanya dirasakan oleh Mande, tetapi juga oleh banyak orang terutama untuk kelas menengah. Akhirnya, kegelisahan ini semakin dirasakan oleh Mande saat bekerja di sebuah biro arsitektur. 

Lama bekerja di sana, Mande mulai melihat adanya pola pikir dan skema kepemilikan yang bisa dimodifikasi. Mande mulai menciptakan pemecahan win-win solution di kedua sisi. Konsep co-housing, alias terlebih dulu mengumpulkan calon tetangga untuk bersama-sama urunan membangun cluster yang diidamkan. 

Tanpa kata menyerah, dia pun lalu sering berdiskusi hari demi hari dengan beberapa teman lintas disiplin, yang juga punya kegelisahan yang sama dengan dirinya. Sampai di satu titik, Mande mantap dengan idenya itu. Dan dia merasa kalau ide tersebut tak akan mungkin terwujud jika hanya dijalankan setengah-setengah.

Merasa yakin akan konsep ini, Mande pun memutuskan keluar dari comfort zone dan memulai journey-nya sendiri. 

“Saat itu aku berpikir, ‘Kalau bukan sekarang, kapan lagi?’. Aku tak mau sepuluh tahun lagi melihat ke belakang, dan menyesal tidak melakukan ini hanya karena masalah tak berani memulai!” ceritanya. 

Mau tahu bagaimana perjalanan Mande dan proyek pilih-sendiri-tetanggamu ini selanjutnya? Klik www.MyJourney.id atau follow @mondododo serta #ShareYourJourney di Instagram.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini