Sukses

Menggugah Nilai Kepahlawanan dengan Wisata Sejarah

Tabur bunga dilakukan di beberapa makam pahlawan nasional dan pahlawan revolusi.

Liputan6.com, Jakarta - Tabur bunga dan wisata sejarah bisa menggugah nilai kepahlawanan. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pun memimpin ratusan pelajar SMA sederajat melakukan hal tersebut.

Khofifah menggelar upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Rabu 2 November 2016. Upacara dan ziarah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang puncaknya jatuh pada 10 November mendatang.

Sebanyak 150 siswa siswi dari 17 SMA sederajat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mengikuti wisata sejarah yang dimulai di Monumen Kesaktian Pancasila di Jakarta Timur. Usai wisata sejarah ke lokasi yang lebih dikenal dengan Lubang Buaya itu, rombongan yang menumpang tiga bus menuju TMPN Kalibata dan disambut oleh Khofifah.

Upacara dilaksanakan dengan sederhana diiringi pembacaan doa, dilanjutkan tabur bunga di beberapa makam pahlawan nasional antara lain pahlawan revolusi.

Tidak ketinggalan tabur bunga juga dilakukan di makam istri Presiden ketiga RI BJ Habibie, yaitu Hasri Ainun Habibie dan makam bapak penggerak Empat Pilar Kebangsaan Taufiq Kiemas.

"Memang wisata sejarah tidak serta-merta menjadikan pelajar nasionalisme, tapi setidaknya kegiatan ini menggugah mereka akan nilai kepahlawanan," kata Khofifah seperti dilansir Antara.

Diharapkan para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa, dapat mengambil contoh sifat-sifat kepahlawanan para pejuang dalam membangun NKRI.

Peringatan Hari Pahlawan 2016 mengambil tema 'Satukan Langkah untuk Negeri' disemarakkan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari wisata sejarah ke tiga tempat, yaitu Monumen Kesaktian Pancasila, TMPN Kalibata, dan Museum Satriamandala.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap Tanah Air dan meningkatkan kesadaran terhadap sejarah perjuangan bangsa, serta dapat meneladani jiwa patriotisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.